Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Prof. Dr. Yohanes Usfunan Gelar Yudisium Angkatan II

Momentum yudisium angkatan II STIKUM Prof. Dr. Yohanes Usfunan, S.H.,M.H.

Kupang-InfoNTT.com,- Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof. Dr. Yohanes Usfunan, S.H.,M.H, melaksanakan yudisium pelantikan lulusan sarjana hukum angkatan kedua tahun akademik 2023/2024, Kamis 19 Oktober 2023 pagi di Aula Utama STIKUM.

Acara diawali dengan doa bersama oleh Romo, kemudian diikuti upacara pembukaan, selanjutnya pembacaan SK yudisium bagi 39 calon wisudawan.

Bacaan Lainnya

Direktur STIKUM, Prof. Dr. Yohanes Usfunan, S.H.,M.H, dalam sambutannya usai melepas 39 sarjana hukum STIKUM mengatakan bahwa kini para lulusan STIKUM akan berdiri di samping Direktur STIKUM untuk berjalan bersama-sama guna kolaborasi sebagai agen hukum bagi masyarakat di Flobamora.

Prof. Yohanes Usfunan menjelaskan, para sarjana hukum yang lulus dari STIKUM harus memegang teguh visi dan misi STIKUM yakni menjaga nama baik kampus, harus menjadi sarjana hukum yang berkualitas, kompetitif, beretika serta lulusan setara dengan Perguruan Tinggi Negeri.

“Saya katakan bahwa kita (STIKUM) punya kemampuan yang mampu bersaing karena dididik dengan cara yang berbeda serta melewati tahapan ujian proposal hingga skripsi dengan ketat. Di mana ujian proposal dan skripsi dilakukan secara terbuka serta para mahasiswa diuji sampai di mana kemampuan memahami ilmu hukum terutama apa yang ditulis pada tugas akhir sebelum mendapat gelar sarjana hukum,” ungkapnya.

Menurut Prof. Yohanes Usfunan, prosesi Yudisium merupakan momentum bersejarah bagi seluruh calon wisudawan, karena telah melewati tahapan pendidikan yang panjang di STIKUM. Yudisium bukanlah sekedar seremonial belaka, tetapi merupakan peristiwa penting yang menunjukan berakhirnya asuhan secara formal kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri serta mewujudkan visi, misi dan tujuan institusi.

Selanjutnya, Prof. Yohanes Usfunan meminta para sarjana hukum dari STIKUM menjaga dua hal, yakni nama baik ibu kandung dan almamater rumah merah STIKUM. Jangan pernah mencederai gelar sarjana hukum dengan melakukan tindak pidana di luar. Yang mana ketika tindakan alumni STIKUM mencedarai almamater maka nama orang tua dan kampus akan rusak.

“Saya meyakini bahwa saudara saudari dapat mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, serta mampu berkompetisi secara sehat di masyarakat. Sekali lagi selamat telah menggenggam sarjana hukum, tentu saya bangga karena semuanya luar biasa,” ujarnya.

Prof. Yohanes Usfunan pun berharap agar para alumni STIKUM harus siap mengabdi bagi masyarakat secara profesional dan tetap menjunjung tinggi integritas, cinta tanah air dan terus mengasihi Tuhan.

Acara kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama. Selanjutnya STIKUM akan menggelar acara wisuda dan juga penandatanganan MoU dengan Yayasan Universitas Mahendradatta Bali perihal kerjasama pembukaaan Pascasarjana (S2) pada Sabtu  21 Oktober 2023 pagi di Aula Utama STIKUM.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait