Lomba Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur

Kolase, beberapa peserta lomba bercerita; diawali oleh pemandu acara; foto: Roni Bani

Batakte-KupangBarat, infontt.com.- Sebanyak 18 siswa Sekolah Dasar se-Kecamatan Kupang Barat, hari ini, Selasa (15/8/23), mengikuti kegiatan Lomba Bercerita. Cerita yang dilombakan merupakan cerita rakyat Nusa Tenggara Timur. Kegiatan lomba ini mengambil tempat di halaman Kantor Kecamatan Kupang Barat, dipadukan dengan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78.

Camat Kupang Barat, Yusak Ulin, S.Sos dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa jenis lomba yang satu ini untuk pertama kalinya terjadi di Kupang Barat. Oleh karena itu, merupakan suatu kebanggaan di mana Nusa Tenggara Association (NTA) Indonesia sebagai suatu NGO telah turut andil dalam dunia pendidikan,  khususnya dalam kerangka pengembangan literasi. Camat Ulin menghimbau para guru dan kepala sekolah untuk terus mengingatkan para siswa tentang membaca, termasuk membaca buku-buku cerita rakyat di Nusa Tenggara Timur. Kepada NTA Indonesia, Camat Ulin berharap agar kiranya dapat dilaksanakan pada kesempatan berikutnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Direktur NTA Indonesia, mengatakan bahwa kegiatan ini telah dilangsungkan beberapa kali, di antaranya berlangsung di pulau Semau, Fatule’u (Lili-Camplong) dan kali ini di Kupang Barat. Masih akan ada lagi kegiatan serupa di beberapa tempat di Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini hendak memotivasi anak termasuk para guru untuk rajin membaca buku, termasuk buku cerita rakyat Nusa Tenggara Timur.

NTA Indonesia hadir untuk mendorong kegiatan literasi membaca, berbicara (bercerita), menyimak/mendengarkan, dan menulis. Ada harapan para guru akan termotivasi bukan karena tersedianya piagam dan piala, tetapi membangkitkan minat dan kesadaran berliterasi secara baik.

Lomba Bercerita ini merupakan program Perpustakaan Nasional. Seleksi untuk dapat mengikuti lomba di tingkat nasional dimulai dari Kecamatan-kecamatan, mengerucut hingga provinsi. Perwakilan provinsilah yang akan mengikuti lomba ini di tingkat nasional.

Akhir dari kegiatan lomba ini yakni pengumuman para pemenang, namun Ketua Panitia meminta untuk para peserta termasuk guru dan kepala sekolah bersabar. Pemenang lomba akan diumumkan pada puncak kegiatan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kecamatan Kupang Barat. Oleh karena itu, para peserta dimohon bersabar, karena lomba ini merupakan bagian terpadu dengan kegiatan lomba/tanding lainnya.

NTA Indonesia menyediakan piala, piagam untuk 6 pemenang, ditambahkan satu paket buku untuk perpustakaan sekolah khusus untuk urutan 1 – 10. Semuanya akan diserahkan pada tanggal 17 Agustus 2023 sesudah upacara bendera.

 

Laporan: Roni Bani

Pos terkait