Ragam Acara Memeriahkan HUT RI ke 78

Kolase, foto ragam kegiatan HUT RI di Kec Amarasi Selatan, @RoniBani

AmarasiSelatan,infontt.com.- Nuansa dan suasana memeriahkan Hari Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-78 dilangsungkan di berbagai tempat, perkotaan, pedesaan, desa nelayan hingga pemukiman padat penduduk.

Sudah menjadi tradisi di bekas Kecamatan Amarasi yang telah dimekarkan menjadi 4 kecamatan ini, yakni perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan akan dirayakan dalam durasi antara 4 – 7 hari. Informasi yang dihimpun media ini, Kecamatan Amarasi memusatkan kegiatan perayaan di desa Kotabes, Amarasi Selatan mengambil tempat di kelurahan Sonraen, sementara Amarasi Timur mengambil tempat di Bikoen desa Enoraen.

Bacaan Lainnya

Berbagai pertandingan dan perlombaan diadakan, baik yang sifatnya menggerakkan tubuh dalam olahraga seperti: voli, sepakbola, lari, catur, lari karung, tenis meja dan lain-lain diikuti oleh kategori-kategori: siswa SD, siswa SMP, siswa SMA, SMK, hingga masyarakat. Semua kegiatan olahraga berlangsung pada siang hari. Panitia menyediakan panggung berukuran besar untuk pentas seni.

Tarian khas masyarakat Pah Amarasi seperti Rabeka dan Herin ditampilkan. Informasi yang valid diperoleh media ini; Panitia HUT RI ke-78 di Kecamatan Amarasi menyelenggarakan lomba menari untuk masyarakat yakni herin, demikian pula di Kecamatan Amarasi Selatan ditambahkan pula dengan budaya seni bertutur, aa’ asramat atau yang dikenal luas, natoni. Panitia-panitia menyediakan wadah untuk peragaan busana, melukis, menggambar untuk siswa SD, TK/PAUD; dan satu tradisi khas, krira’ (pameran karya masyarakat Pah Amarasi).

Nuansa dan suasana perayaan di tempat-tempat pemusatan masyarakat desa/kelurahan di dalam dua wilayah kecamatan ini menggairahkan perekonomian masyarakat. Hal ini disadari oleh pimpinan wilayah dalam dua kecamatan ini. Camat Amarasi Selatan, Tonci Teuf dalam bincang santai dengan media ini mengatakan, masyarakat memanfaatkan durasi waktu perayaan yang terbatas ini dengan membangun tenda-tenda etalase untuk transaksi jual-beli. Tentu hasilnya dirasakan oleh anggota masyarakat yang menjual barang yang mereka sediakan. Demikian pula anggota masyarakat yang datang untuk menyaksikan berbagai pertandingan dan perlombaan, dapat memantau, memilih dan memilah untuk mengambil keputusan membeli.

Pantauan media ini di kelurahan Sonraen, suasana kegembiraan mewarnai perayaan HUT Proklamasi NKRI Tingkat Kecamatan Amrasi Selatan tahun 2023 ini. Sikap mengamankan dan menertibkan diri pada anggota masyarakat sangat mendukung, di samping petugas keamanan selalu sigap bila terjadi gangguan ketertiban.

 

Laporan: Roni Bani

Pos terkait