Rutan Kelas IIB Soe Bersama BNN NTT Tes Urine Ratusan Warga Binaan 

Soe-InfoNTT.com,- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB SoE bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan tes Urine terhadap ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Soe, Jumat (26/7/2024) pagi.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Fernando Dalla yang mendampingi langsung tim dari BNN menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan di aula Rutan Soe tersebut bertujuan untuk mencegah serta memberantaskan penyalagunaan dan peredaran narkotika di Lapas atau Rutan khususnya Rutan Soe.

Bacaan Lainnya

Ia juga menambahkan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyongsong peringatan Hari Pengayoman ke-79 yang akan diperingati tanggal 19 Agustus 2024 mendatang. Kepada Warga Binaan Fernando juga berharap agar dapat bekerja sama memberantas narkoba di Rutan Soe walaupun diketahui selama ini di Rutan Soe belum pernah ditemukan peredaran narkoba.

Ini merupakan komitmen Kami dalam mencegah serta memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Hal ini juga untuk menciptakan lingkungan Rutan Soe bebas dari Peredaran barang terlarang tersebut.

Sementara itu, mewakili BNN Prov. NTT, dr. Daulat Anoni David Samosir menyampaikan menyampaikan bahwa selama ini belum pernah ditemukan peredaran narkotika di dalam Lapas maupun Rutan di NTT. Ia berharap hal tersebut terus dipertahankan sehingga menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari peredaran barang terlarang.

Kepada WBP Ia juga berpesan untuk jangan pernah menyentuh apalagi memakai barang terlarang tersebut. “Kami bukan hanya menjalankan perintah tapi Kita mau buktikan bahwa Lapas dan Rutan di NTT benar tidak ada peredaran narkotika. Untuk Warga Binaan, setelah keluar dari tempat ini, jangan sekali-kali menyentuh apalagi menggunakan narkotika karena kalau sudah pakai maka akan terganggu terhadap kehidupan.

Terpisah, Kapala Rutan Soe, Nixon G. L. Osingmahi menyampaikan Ia sangat mendukung setiap kegiatan positif yang diselenggarakan di Rutan Soe. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNN Prov. NTT yang sudah bekerja sama membantu pemeriksaan Urine terhadap Warga Binaan Rutan SoE.

“Saya selalu mendukung setiap kegiatan positif yang diadakan di Rutan Soe, kegiatan tes urine kali ini merupakan bentuk komitmen Kami untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari narkotika,” tandasnya.

Dari hasil tes urine yang dilakukan bersama BNN terhadap 165 orang WBP, semuanya dinyatakan negatif. Kegiatan ini juga akan dilakukan secara berkala agar selalu mencegah beredarnya narkoba di Rutan Soe.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *