Pergumulan Panjang, Ruas Jalan Oebesi ke Pakubaun Akan Segera Dikerjakan

Kepala Desa Pakubaun Bildat Elifas Runesi bersama Kepala Bidang Perencaan PUPR Kabupaten Kupang.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Kepala Desa Pakubaun Bildat Elifas Runesi, S.Pd, terus bergerak perjuangkan ruas jalan Oebesi ke Pakubaun yang mana melakukan kodinasi dengan Kepala Bidang Perencaan PUPR Kabupaten Kupang, Selasa 02 April 2023.

Kepala Desa Pakubaun Bildat Elifas Runesi, S.Pd, kepada media mengatakan bahwa koordinasi ini dilaksanakan dengan adanya isu terkait ruas jalan Oebesi ke Pakubaun yang akan dikerjakan tahun ini (2024).

Bacaan Lainnya

“Tadi saya ke Dinas PUPR Kabupaten Kupang dan isu tersebut tentunya dibernarkan oleh Kepala Bidang bahwa tahun ini dikerjakan dengan pagu anggaran 2 miliar lebih, dengan target 2 kilometer lebih,” ungkapnya.

Bildat menambahkan bahwa tim teknis dari Dinas PUPR sudah ada di lapangan dan melakukan pengukuran. Selaku Kepala Desa Pakubaun, dirinya atas nama masyarakat senang dan berterima kasih atas perhatian Pemkab Kupang.

“Titik kordinatnya di pertigaan dekat Polsek Amarasi Timur atau jalan utama provinsi Oekabiti Oemoro. Anggaran yang ada tentu tidak bisa mencakup sampai ke Kantor Camat Amarasi Timur, tapi tetap disyukuri. Tahun depan kita terus berjuang,” ujar Bildat.

Kepala Desa Pakubaun juga meminta masyarakat bersabar karena wilayah Kabupaten Kupang cukup luas, jadi harus bertahap. Selain itu wilayah Oebesi ke Pakubaun juga memiliki dataran yang cukup rendah, sehingga wilayah tersebut membutuhkan perencanaan yang baik agar dibangun drainase.

“Harus pakai drainase karena ruas jalannya dataran rendah, pada saat musim hujan bahu jalan terendam air. Ini harus dipahami dan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Kupang. Ruas jalannya akan dibangun dengan lebar sekitar 5 meter. Masyarakat mohon sediakan tanah khususnya yang berada di pinggir jalan,” tandasnya.

Untuk diketahui bahwa ruas jalan Oebesi ke Pakubaun ini sudah rusak parah sejak lama. Padahal pada ruas jalan ini ada fasilitas umum seperti Kantor Polsek Amarasi Timur, Kantor Camat Amarasi Timur, sekolah, gereja dan juga pasar. Kiranya pembangunan ruas jalan ini bisa mempermudah akses jalan bagi masyarakat sekitar khususnya Desa Pakubaun dan Oebesi.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait