Yoshua Bora’a Inspektur Upacara HUT RI ke-78 Tingkat Kecamatan Nekamese di Desa Tunfeu

Nekamese-InfoNTT.com,- Selaku Inspektur Upacara, yang juga Camat Nekamese  Yosua A.Bora’a, SE pimpin Upacara Perayaan HUT RI ke-78 yang berlangsung di lapangan Oe Honis, Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang hari Kamis, 17-08-2023.

Selaku upacara Ispektur Upacara, Joshua Boraa saat membacakan amanat Bupati Kupang mengatakan bahwa upacara kemerdekaan Tahun ini menunjukan kepada Masyarakat bahwa Indonesia merupakan sebuah Bangsa dan Negara yang akan terus berdiri kokoh tak tergoyahkan.

Bacaan Lainnya

Indonesia akan selalu menjadi sebuah komunitas Anak Bangsa yang berkarakter Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Indonesia yang dengan semangat Kebangsaanya Prospektif, Harmonis, Kolaboratif, dan Inklusif. Indonesia akan terus melaju untuk maju melalui Aksi-aksi nyata yang progresif.

Inilah energi yang dibutuhkan untuk wujudkan thema HUT Kemerdekaan Tahun 2023, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Thema ini sebagai bentuk motivasi bagi Anak Bangsa, termasuk motivasi bagi Kabupaten Kupang.

“Sesuatu yang sudah maju, untuk apa dibuat mundur. Sesuatu yang telah dibuat maju, untuk apa untuk apa diganti dengan serba yang tak tentu. Kita harus mulai berpikir dan bekerja selayaknya olahraga estafet yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi, yang seirama dalam gerak, juga energi pikiran dalam satu tujuan,” jelasnya.

Pikiran dan kerja seperti ini harus termanifestasikan dalam Kerja-kerja nyata di Masyarakat Kabupaten Kupang.

Keberlanjutan akan menjadi ciri dan seruan semua Masyarakat Kabupaten Kupang. Seruan dari Masyarakat pemenang, Masyarakat pejuang, Masyarakat yang terus berkembang tanpa henti. Itulah Masyarakat Kabupaten Kupang, itulah Masyarakat dengan identitas yang tangguh dan kuat.

“Di awal kepemimpinan kami, optimisme yang berbentuk revolusioner terus digelorakan. Kami sadar bahwa hal ini butuh kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama. Hanya dengan refleksi seperti itu target pembangunan daerah yang kita ikrarkan dalam rpjmd mampu kita wujudkan,” jelasnya.

Di bidang pembangunan Manusia menjadi filosofi pembangunan pimpinan, secara perlahan telah dicapai kemajuan yang tak terbantahkan. Mulai dari berlakunya Universal Health Coverage (UHC) dalam pelayanan kesehatan bagi Masyarakat Kabupaten Kupang.

Saat ini semua Masyarakat Kabupaten Kupang bisa mengakses kesehatan secara gratis di semua fasilitas kesehatan. Masyarakat Amfoang juga akan mendapatkan pembangunan RSP type C di Tahun 2024.

Masyarakat juga akan mendapatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Di Kabupaten Kupang mempunyai GOR yang besar ‘Komitmen’ bisa diapakai untuk aktifitas olahraga. Secara perlahan Revolusi 5 P telah berdampak pada aspek ekonomi kerakyatan.

“Kita boleh berbangga karena kita telah bisa hasilkan beras asli kabupaten kupang dengan dua brandanya, yaitu beras opa taklale, dan beras laharoi,” ungkapnya.

Bidang perkebunan, saat ini kopi Oelbiteno dan kopi Lelogama telah diakui sebagai kopi tora bika terbaik di NTT. Bidang pariwisata juga telah di wujudkan dan mempunyai perkembangan yakni Pantai Teres, dan Fatubraon.

Pembangunan jalan yang dihasilkan. Banyak yang telah diraih juga dari Perumahan dan Pemukiman. Sekali lagi, inilah persembahan terbaik bagi Masyarakat Kabupaten Kupang.

Perlu diketahui juga, atas kerja keras ASN Kabupaten Kupang hingga di Tahun 2023 ini bisa meraih WTP. Meskipun tak henti diraih sampai saat ini, namun perlu disadari secara obyektif bahwa masih ada beberapa target pembangunan daerah yang belum optimal capainya.

Semuanya telah diindentifikasi dan akan menjadi catatan penting sekaligus menjadi bahan evaluasi untuk perencanaan pembangunan periode berikutnya.

Selanjutnya, memasuki Tahun-tahun politik, Ia selaku pembina politil di Daerah ini berpesan kepada semua untuk lebih bijaksana dan dewasa dalam berpolitik. Hindari diri dari segregasi dan dikotonomi politik. Terutama yang langsung berhubungan dengan peyebar luasan hoax di Medsos, poltik identitas dan moani politik.

“Suara kita akan menentukan masa depan daerah dan bangsa kita ke depan. Untuk itu, gunakan hati dan rasionalitas dalam menetukan pilihan. Pilih sesuai dengan Bapak/Mama bukan atas pesanan orang atau kelompok tertentu” ucapnya.

Kepada semua Masyarakat Kabupaten Kupang yang di cintai, hendaklah mental dan karakter pejuang selalu ada di hati dan tubuh. Hanya dengan itu, kita terus melaju dalam bingkai keberlanjutan untuk membangun Kabupaten Kupang yang tercinta.

Akhirnya, dalam kutipan penggalang kalimat dari proklamator kota, Bapak Ir. Soekarno: “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buat! Masa yang lampau berguna sekali untuk menjadi kaca benggala dari pada masa yang akan datang”.

Pantauan Media ini, Pembina upacara oleh AIPDA Nikson M. Manafe Bhabikamtibmas Pospol Nekamese, Detik-detik Proklamasi di bacakan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Sactiko Masneno, serta Paskibraka Pengibaran Sang Saka Merah Putih yang berasal dari SMA N 1 Nekamese berjalan dengan baik, aman, dan tertib dalam pengawasan Anggota Bhabinsa, serta Bhabinkamtibmas Kecamatan Nekamese. (Boy)

Pos terkait