Yosep Lede Serap Aspirasi Kaum Muda Melalui Kegiatan Reses di Desa Nekmese

Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Yosep Lede foto bersama pemuda Nekmese usai kegiatan reses.

Amarasi-InfoNTT.com,- Setelah melakukan serangkaian kegiatan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang kini memasuki masa reses masa sidang I tahun 2023. Reses dilakukan di masing-masing daerah pemilihan (dapil) untuk menemui dan menampung aspirasi para konstituennya.

Salah satu anggota dewan yang sedang melakukan kegiatan reses adalah Yosep Lede dari Partai Gerindra. Ia melakukan kegiatan reses di Desa Nekmese, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Selasa 25 April 2023 siang di Aula Kantor Desa Nekmese.

Bacaan Lainnya

Kegiatan reses ini dihadiri oleh Kepala Desa Nekmese, Ketua PAC Gerindra Amarasi Selatan, tokoh masyarakat dan puluhan warga milenial Desa Nekmese.

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Nekmese, Krisma J. Baok, bahwa dirinya mengucap syukur atas kehadiran Anggota DPRD Kabupaten Kupang Dapil IV yakni Yosep Lede yang sudah menyediakan waktu mampir melihat dan menampung aspirasi masyarakat Nekmese.

“Semoga berbagai aspirasi ini ditampung dan diperjuangkan nantinya di DPRD. Kami cukup senang dan berterima kasih atas kehadiran bapak Yos Lede,” ujarnya.

Kepala Desa Nekmese pun menyambut baik kehadiran anggota dewan yang berasal dari Dapil IV ini, karena mampu memanfaatkan masa libur untuk bersilaturahmi dengan warga, khususnya kaum muda Nekmese.

Yosep Lede dalam kesempatannya mengungkapkan alasan bertemu kaum muda Desa Nekmese karena untuk memenuhi aspirasi dari generasi melineal. Selain itu juga untuk memberikan motivasi kepada para generasi penerus bangsa.

Yos Lede yang juga Ketua KNPI Kabupaten Kupang mengatakan bahwa dirinya sengaja menghadirkan kaum muda dalam kegiatan reses untuk memberikan pemahaman dan menampung aspirasi di kalangan para pemuda melinial. Terutama pemahaman mengenai tugas dan fungsi dewan.

“Sebagai pemuda harus berani membuat gagasan baru, jangan takut. Saya juga harus jujur bahwa masih banyak generasi muda yang belum memahami kinerja dewan itu seperti apa, karena itu kegiatan ini diharapkan selain untuk menampung aspirasi, juga untuk memberikan pemahaman mengenai kinerja dewan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yosep Lede menjelaskan mengenai tiga fungsi dewan, yaitu fungsi legislasi, fungsi penganggaran, dan fungsi pengawasan. Termasuk tugas Komisi D, yang membidangi kesejahteraan seperti pendidikan, pemuda dan olahraga, kesehatan serta ketenagakerjaan.

“Anggota dewan bukan pimpinan, bukan untuk mengambil kebijakan, hanya menjembatani memfasilitasi aspirasi masyarakat, termasuk aspirasi pemuda. Misalnya menjembatani program olahraga,” ungkapnya.

Salah satu tokoh muda Nekmese, Drh. Rolens Bani usia kegiatan reses mengatakan bahwa Ia berterima kasih kehadiran bapak Yosep Lede dan mengharapkan aspirasi pemuda Nekmese bisa terserap dengan baik di rumah kerucut.

“Terimakasih pada bapak dewan Yos Lede yang telah memberi ruang pada pemuda Nekmese hari ini untuk saling bertukar pikiran serta pendapat,” katanya.

Kegiatan reses ini berlangsung kurang lebih 3 jam, kemudian ditutup dengan penyerahan bantuan untuk pemuda. Selanjutnya doa dan foto bersama.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait