Tarian Massal Herin Mewarnai Harlah Jemaat Pniel Tefneno Koro’oto

salah satu tampilan Lomba Herin di Koro'oto ft: tangkapan layar dari Yeri Bani

AmarasiSelatan, infoNTT.- Bertempat di gedung gereja Pniel Tefneno’ Koro’oto Klasis Amarasi Timur, telah dilangsungkan lomba tarian massal yang disebut herin. Dalam berkesenian di daratan Timor, tarian ini disebutkan dengan istilah yang dikenal luas yakni bonet. Lomba ini diselenggarakan untuk merayakan hari kelahiran (harlah) Jemaat Pniel Tefneno’ Koro’oto ke 92 yang jatuh pada 1 Agustus 2023. Kebaktian syukur baru berlangsung pada 22 Agustus 2023.

Sebanyak 6 kelompok jemaat mengikuti lomba ini. Intisari dari cerita (nee ~ syair) yang dibawakan dalam lomba ini yakni, sejarah singkat Jemaat  Koro’oto, misinya sebagai “murid Kristus” dalam kesaksian tentang Yesus Kristus, serta praktik hidup berjemaat dan bermasyarakat di antaranya mengasihi sesama manusia.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Majelis Jemaat Pniel Tefneno’ Koro’oto, Pdt. Yulita Y. Zina-Lero, S.Th menyampaikan suara gembala yang menekankan pentingnya hidup dalam kebersamaan, sebagaimana digambarkan dalam tarian ini. Kebersamaan dalam sikap dan tindakan yang ditunjukkan dengan adanya keserasian gerakan anggota tubuh dalam tim yang bersatu untuk mementaskan tarian herin. Mendengar suara pemimpin dan mengikutinya secara baik ditunjukkan dengan adanya a’boni’ nee (Penyair) di dalam tim. Penyair menyampaikan syair, diterima oleh anggota tim, dikonversi ke dalam lagu dan tarian.

 

Laporan : Roni Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *