Maher Ora Resmi Buka Kegiatan Menyambut HUT RI ke 78 Tingkat Kecamatan Amarasi 

Malam kesenian menyambut HUT RI ke 78 Tahun 2023 Kecamatan Amarasi.

Amarasi-InfoNTT.com,- Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan R1 ke 78 tingkat Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, NTT, Camat Amarasi, Maher.S.H.Ora. S,sos, secara resmi telah membuka kegiatan memeriahkan Hari Kemerdekaan R1 17 Agustus ’45 di Desa Kotabes.

Kepada media ini h Kamis ( 1O/8/2O23) usai membuka kegiatan dimaksut, Maher Ora mengatakan, pihaknya bersama para Kepala Desa dan Lurah, berkomitmen memeriahkan acara pesta kemerdekaan RI ini, dengan berbagai aktivitas kegiatan rakyat, mulai dari karnaval, perlombaan, pertandingan, hingga memberdayakan peningkatan ekonomi rakyat melalui UMKM.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah buka secara resmi dan semua kegiatan akan berlanjut sampai penutupan tanggal 17 Agustus di Desa Kotabes,” ungkapnya.

Maher menerangkan, penutupan acara tanggal pada 17 Agustus malam, setelah penurunan bendera. Acara ini di pusatkan di Desa kotabes, yang di ikuti oleh seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Amarasi, yang meliputi 8 desa, 1 kelurahan serta tambah di ikuti masyarakat umum.

“Yang pasti adanya aktifitas UMKM itu demi peningkatan pendapatan keluarga. Jadi harapan kami supaya kegiatan ini bisa berjalan sampai selesai. Masalah keamanan dan ketertiban, kami sudah kordinasi dengan Kapolsek Amarasi, dan Danramil 1604, serta di dukung oleh Linmas dari seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Amarasi ini,” tutup Ora

Terpisah Ketua Panitia Pelaksana HUT RI Kecamatan Amarasi, Janwar P. Modok, SE, kepada media ini mengatakan, rangkaan kegiatan terkait perlombaan di bidang olah raga dan kesenian, kita fokus di tingkat anak anak SD dan kita atur per gugus seperti, ada Bola kaki Mini Putra, yang mana untuk juara 1 mendapat hadiah uang dan piagam.

Sedangkan untuk putri tingkat SD lanjut Modok, ada lomba Casting, dan juga di lakukan pergugus. Selanjutnya tingkat SMP ada lomba bola volly putra dan putri antar sekolah. Lalu tingkat SMA/ SMK juga ada lomba bola volly putra dan putri juga, termasuk kegiatan kesenian.

Dijelaskanya, bagi TK/Paud/ ada lomba Fashion Show, ada tarian untuk RABEKA untuk SD dan SMP, kreasi untuk SMA/SMK serta paduan suara Mars IKARASI untuk lagu wajib, yang artinya Ikatan keluarga Amarasi.

“Untuk kategori dewasa Hering antar Desa kelurahan, antara lain 8 desa dan 1 kelurahan serta untuk PKK sekecamatan Amarasi ada lomba stand pameran motif daerah”.jelas Modok.

Sementara itu Kepala Desa Kotabes, Imanuel Banu, dikonfirmasi terkait kesiapan menjadi tuan rumah peringatan HUT RI ke 78 mengatakan, memang dari dulu perayaanh HUT Ri selau berpindah pindah. Untuk di Kotabes ini sejak 17 tahun terakhir itu di lakukan pada tahun 2006 dan pada tahun 2023 ini dimasa kepemimpinan saya.

“Di masa kepemimpinan saya baru terima untuk menjadi tuan rumah, hkarena kades – kades sebelumnyau dari tahun 2006 itu mereka tidak mau menjadi tuan rumah 17 Agustus. Namun begitu saya terpilih dan di lantik dan berkantor baru satu bulan pada 10 januari 2023 lalu, baru Bapak Camat datang minta kesedian saya menjadi tuan rumah perayaan 17 Agustus dan saya nyatakan bersedia,” jelas Banu.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan HUT RI ini, ada dampak ekonomi bagi masyarakat di desa saya, deperti menjual makanan, warung makan, ada sei babi, kios kecilan dan lain – lain.

“Di lihat dari tahun lalu saat di adakan di Desa Tesbatan 2 tidak banyak orang yang hadir, di bandingkan dengan tahun ini, dimana perayaannya sangat meriah yang didukung dengan berbagai perlombaan yang di ikuti oleh siswa siswi dan Karnaval,” tutup Banu. ( Tim)

Pos terkait