Dirjen Linjamsos Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Bencana di Kabupaten Kupang 

Oelamasi-InfoNTT.com,- Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kupang, Sabtu (08/7/2023) siang.

Kunjungan ini dalam rangka penyerahan santunan ahli waris korban bencana alam di Kabupaten Kupang yang terjadi pada akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 yang memakan korban jiwa sebanyak enam orang warga kabupaten Kupang. Penyerahan santunan ini berlangsung di Kantor Bupati Kupang.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Dirjen Linjamsos ke Kabupaten Kupang diterima oleh Bupati Kupang Korinus Masneno didampingi Plt. Sekda Kab.Kupang Rima Salean, Asisten 2 Sekda Mesakh Elfeto bersama jajaran pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang.

Robben Rico pada kesempatan tersebut menyatakan rasa syukur atas penyambutan dirinya yang menurutnya penuh kekeluargaan ini. Dikatakannya, Kabupaten Kupang adalah salah satu daerah yang termasuk daerah cukup rawan bencana. Akibatnya banyak warga yang tidak saja kehilangan harta benda ataupun materi, tapi juga ada korban jiwa.

Terhadap dampak dari bencana alam ini, Kementerian Sosial RI memberikan bantuan santunan ahli waris korban meninggal dunia bencana alam di wilayah Kabupaten Kupang. Sebanyak lima orang ahli waris menerima santunan ini, masing-masing sebesar Rp.15.000.000, dengan total santunan Rp.90.000.000 untuk enam korban jiwa atasnama : pasangan suami istri dari Desa Kalali Kecamatan Fatuleu Barat, Adrohanis Malafu dan Tersia Malafu Teti; Seorang balita berusia dua tahun dari Desa Baumata Utara Kecamatan Taebenu, Marsya Hebi Lely; Anak Sekolah Dasar berusia dua belas tahun dari Desa Bitobe Amfoang Tengah, Meko Dorce Sobeukum; Ibu rumah tangga di Desa Fatusuki Kecamatan Amfoang Selatan, Orce Baha Tabelak; dan Remaja atasnama Merkis Fomeni dari Desa Oelfatu Kecamatan Amfoang Barat Laut. Tak hanya itu saja, adapun bantuan beras, selimut, handuk, pakaian, sabun, makanan dari Sentra Efata Kupang.

Atas bantuan santunan yang diterima para ahli waris, Robben Rico katakan bahwa semuanya itu bisa diperoleh atas berkat perjuangan Bupati Kupang, Korinus Masneno sehingga warganya mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat.

“Bantuan ini diserahkan kepada Bupati Kupang untuk diteruskan kepada ahli waris korban meninggal. Untuk diketahui, atas berkat perjuangan Bupati inilah, warga dapat perhatian dan diberikan santunan dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Lanjut ia menjelaskan, Kabupaten Kupang dengan kondisi wilayah yang rawan bencana, apabila butuh bantuan, sampaikan saja ke Kemensos RI.

“Selama kami bisa, pasti di bantu. Ibu Menteri Sosial begitu peduli untuk masalah pembangunan dan pengentasan kemiskinan. Termasuk penanganan stunting, salah satunya melalui pemberian nutrisi, yang merupakan pelayanan dalam pelaksanaan program Keluarga Harapan Kemensos RI,” terang dia.

Selain itu, ia tambahkan bahwa Kemensos RI juga ada program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, serta pelayanan untuk disabilitas dan lansia.

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno pada kesempatan tersebut menyampaikan berlimpah terima kasih kepada Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini melalui Dirjen Linjamsos, Robben Rico, atas segala bentuk perhatian dan dukungan baik moril maupun materiil bagi warga Kabupaten Kupang yang mengalami musibah banjir.

“Bantuan dan kepedulian yang diberikan kepada kami sangat bermakna. Saya sering bilang, ditempat lain mungkin segelas air merupakan hal biasa, namun yakinlah setetes air yang diberikan kepada kami di Kabupaten Kupang sangat lah berarti, sehingga setiap dukungan yang diberikan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Sosial kami ucapkan terima kasih,” ucapnya.

Dirinya juga akan terus berkoordinasi bahkan menyampaikan proposal strategis untuk mendapatkan dukungan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Sementara kepada ahli waris penerima santunan, Bupati Masneno berpesan agar menerima berkat ini dengan baik. Kita bersyukur karena ada perhatian Pemerintah Pusat dalam membantu meringankan beban yang dirasakan. Atasnama Pemerintah, Bupati turut merasakan duka bagi korban jiwa bencana alam.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Suratna Kemensos, Kepala Sentra Efata Naibonat, Radim Karsadiguna, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Yosef Rasi, Kadis Sosial Kab. Kupang Yohanis Masneno dan Ahli Waris korban bencana alam.

Laporan: Prokopim Setda Kab. Kupang 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *