Dari Desa Kotabes, Pemkab Kupang Gelorakan Semangat Gotong Royong 

Dok: Prokopim Setda Kab. Kupang

Amarasi-InfoNTT.com,- Kegiatan pelaksanaan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BB-GRM) ke – XX Tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2023 berlangsung di Desa Kotabes Kecamatan Amarasi, dan secara resmi dibuka oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, Jumat (21/7/2023) pagi.

Bupati Masneno didampingi Wakil Ketua I DPRD Kab.Kupang Sofia Malelak De Haan, Plt.Sekda Rima Salean, Perwira Penghubung Kodim 1604/Kupang Parada Napitupulu, dan perwakilan dari Polres Kupang melakukan pemukulan gong, sebagai tanda kegiatan BB-GRM ke XX Tingkat Kabupaten Kupang telah secara resmi dibuka.

Bacaan Lainnya

Bupati Masneno dalam sambutannya mengungkapkan tentang BB-GRM bukanlah sesuatu yang baru, artinya kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan dan tahun ini adalah tahun yang ke 20 Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat digelar.

“Kita hidupkan kembali budaya gotong royong yang dimiliki masyarakat sejak turun temurun. Dan budaya gotong royong sudah berakar bagi orang Amarasi dalam membangun kebersamaan dan kekeluargaan. Hendaknya rasa kebersamaan gotong royong itu harus diikat dengan kasih,”ungkap Masneno.

Lanjut Bupati katakan, Pemerintah hanya memfasilitasi, terpenting adalah semangat dan kerjasama yang dibangun oleh masyarakat berupa tindakan nyata di lapangan.

“Kehadiran saya disini memberi semangat bahwa segala sesuatu yang baik perlu terus di ingat dan di budayakan dalam kehidupan sehari-hari. BB-GTM merupakan momentum kita bersama dan mengingatkan kita semua tentang arti penting gotong royong. Bila terdapat perselisihan itu hal yang wajar. Salah bicara ataupun kesalahan lainnya adalah bunga kehidupan. Terpenting bagaimana kita mengintrospeksi diri serta menyikapinya,” katanya.

Senada diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak-De Haan bahwa kegiatan hari ini merupakan momentum kebersamaan kita semua untuk ingatkan kita arti pentingnya gotong royong terutama kepada generasi penerus.

“Gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan atau sebatas kata-kata, tetapi harus dilaksanakan dan di wujudnyatakan dengan tindakan nyata. Gelorakan kembali semangat gotong royong dalam masyarakat kita terutama kepada anak-anak muda dan janganlah nilai-nilai gotong royong terkikis oleh perubahan zaman,” kata dia.

Sambung Sofia, tetap bangun semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat untuk peningkatkan kesejahteraan bersama.

Sementara dalam laporan panitia penyelenggara, yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kupang, Charles Panie bahwa kegiatan bulan bhakti berlangsung sebulan penuh dengan kegiatan utama meliputi bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya dan agama serta bidang lingkungan. Dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan kekeluargaan dan gotong royong menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong.

Acara dilanjutkan dengan pemberian sembako berupa beras 750 kg kepada Kepala Keluarga miskin, pembagian alat kontrasepsi, pemberian kursi roda dan tongkat bagi penyandang cacat, penanaman anakan kelapa hibrida dan pinang bonak, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan pengobatan gratis oleh Bupati Korinus Masneno bersama Waket I DPRD Sofia Malelak-De Haan.

Bupati Masneno pada kesempatan itu juga, turut melakukan pengecekan kesehatan di layanan pengobatan gratis tersebut. Turut hadir dalam acara ini Asisten 3 Sekda Novita Foenay, Staf Ahli Bupati Pandapotan Siallagan, dan para pimpinan OPD.

Laporan: Prokopim Setda Kabupaten Kupang

Pos terkait