Bahasa Meto’ itu Beragam dan Indah

DR Owen Edwards Ph.D di Nunkolo, foto: RoniBani

Nunkolo-AmanatunSelatan,-infontt.com.- “Bahasa Meto’ itu beragam dan indah.” Demikian sepenggal kutipan pernyataan yang disampaikan Dr. Owen Edwards, Ph.D seorang Dosen Ilmu Bahasa dari Jerman. Ia ada di Kupang dalam rangka mendukung kegiatan penerjemahan alkitab ke dalam bahasa-bahasa daerah di lingkungan pelayanan GMIT melalui Unit Bahasa dan Budaya GMIT Kupang.

Pernyataan Owen disampaikan di hadapan Jemaat yang mengikuti kebaktian Minggu Sengsara VII di Jemaat Efata Nunkolo, Minggu (2/4/23). Ia mendapat kehormatan dengan mengenakan busana khas masyarakat adat Amanatun. Ia disambut hangat dan penuh persahabatan. Owen sendiri menggunakan bahasa Amarasi-Kotos salah satu cabang Bahasa Meto’. Ia menyapa jemaat di Nunkolo dalam Bahasa Amarasi-Kotos.

Bacaan Lainnya

Beberapa hari ia berada di Nunkolo, ia berkesempatan berkunjung ke beberapa tempat di Amanatun. Di antaranya Ayotupas, Noebana’, Mnela Anen, Lotas, dan lainnya hingga tiba di Oe-Ekam Amanuban. Ada 8 lokasi yang sempat dikunjunginya, tujuannya untuk berbicara dengan masyarakat pengguna Bahasa Meto’ sehingga dapat mengetahui apa yang menarik dari bahasa tersebut.

Pdt Nuh Ben Tnunay, Ketua Majelis Jemaat Wilayah Efata Nunkolo menyapa dengan cara yang khas, “kain yang disematkan, akan mengingatkan pak Owen saat berkeringat atau berurai air mata. Ingatlah kami di Nunkolo!”

 

Laporan: Roni Bani

Pos terkait