Wakil Bupati Kupang Pimpin Audiens dan Diskusi Bersama APKASI

Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan Himmatul Hasannah ketika menerima cinderamata dari Pemkab Kupang yang diserahkan oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe membuka kegiatan audiens program unggulan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) bidang peningkatan mutu pendidikan dan percepatan penanganan covid-19, Selasa (09/3/2021) di ruang rapat Wakil Bupati Kupang.

Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan Himmatul Hasannah dalam sambutannya mengatakan, bahwa APKASI mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kupang yang diwakili oleh Wakil Bupati Jerry Manafe beserta Pimpinan OPD terkait yang sudah berkenan hadir pada kegiatan ini.

Menurut Hasannah, audiensi ini sudah dilakukan bersama Gubernur NTT beserta ibu Juliana Laiskodat, dan mendapat respon luar biasa atas program terkait masyarakat NTT ke depannya. Yang mana NTT adalah salah satu priority wisata yang mungkin lebih bagus dari Bali kedepan, sehingga harus dipersiapkan terkait secara matang, khususnya bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional.

Dirinya menambahkan, sejak tahun 2015 APKASI telah mengunjungi 250 Kabupaten yang ada di Indonesia dengan tujuan yaitu mengoptimalkan kerja kedirektoratan APKASI dengan melakukan kunjungan seperti saat ini. Kedua, menciptakan kerjasama antar anggota dalam mengingatkan kinerja dan program pembangunan pemerintahan. Ketiga, APKASI juga mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan peningkatan kualitas SDM khususnya bagi ASN Guru di daerah.

Menurut Hasannah, ada beberapa masalah yang ditemui, seperti kekurangan Guru ASN dan kebanyakan dibantu oleh Honorer, ditambah dengan minimnya pembangunan infrastruktur, penguatan pendidikan karakter serta kesehatan saat ini sejak pandemi Covid 19.

“Ada beberapa masukan dari teman-teman di Dinkes dan muncul rekomendasi agar Asosiasi Dinkes seluruh Indonesia bisa melakukan MoU dengan APKASI untuk advokasi terkait kebijakan publik dibidang kesehatan. Dari sebuah problem itu, kami melakukan APKASI Medistrial Forum yang dihadiri oleh 70an Bupati,” ungkapnya.

Himmatul Hasannah menegaskan jika ingin kualitas pendidikannya naik, bukan hanya kompetensi guru yang ditingkatkan melainkan kesejahteraan guru juga harus diperhatikan. Cara mengajarnya harus diperbaiki agar tidak monoton. Karena itulah APKASI hadir dengan program-program yang pastinya membuat para guru  memiliki inovasi dan kreativitas.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe betterimakasih kepada APKASI, yang walaupun dengan waktu yang singkat tapi cukup bermakna. Semoga Pemda bisa bekerjasama dengan pihak APKASI dalam workshop nanti, karena Kabupaten Kupang pada masa pandemi Covid 19 banyak sekali refocusing dan juga ada pemotongan-pemotongan baik itu belanja langsung atau tidak langsung.

“Pertemuan kita ini cukup menyenangkan dan berkesan. Saya berharap agar dinas terkait yang sudah mendapat ilmu dari APKASI bisa digunakan dan dipelajari dengan sebaik-baiknya,” ujar Jerry.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Obet Laha, Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan Himmatul Hasannah, para Pimpinan OPD terkait salah satunya Kepala BKPSDM Guntur Taopan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Imanuel Buan serta awak media.

Laporan: Humas Pemkab Kupang

Pos terkait