Satgas Terpadu Covid-19 Kabupaten Kupang Lakukan Edukasi Pencegahan Prokes 5M di Takari

Ilustrasi

Takari-InfoNTT.com,- Satuan tugas terpadu covid-19 Kabupaten Kupang melaksanakan edukasi pencegahan covid-19 dengan protokol kesehatan 5M, pembagian masker dan penyemprotan disenfektan di Kecamatan Takari, Kamis (11/2/2021) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Pimpinan OPD terkait salah satunya Kadis BPBD Paulus Ati, Kadis Perhubungan Ricky Djo, Camat Takari Ruben Nubatonis, Kapolsek Takari, Polres Kupang dan Babinsa Takari.

Bacaan Lainnya

Kadis BPBD selaku Sekretaris Tim Satgas C-19 Kabupaten Kupang menyampaikan, semua pihak harus cepat tanggap tentang Covid 19 sebagai Darurat Nasional. Sebagai Tim Satgas Terpadu C-19 juga harus mengambil sikap strategis yaitu sosialisasi dengan dinas terkait untuk melakukan kegiatan edukasi pencegahan Covid 19 dengan Prokes 5M, pembagian masker dan penyemprotan disenfektan.

”Ini merupakan strategi cepat dan tepat secara berkelanjutan dan diutamakan kecamatan yang memiliki angka Covid 19 yang melonjak seperti Kupang Timur, Kupang Tengah, Kupang Barat, Taebenu dan Amarasi induk,” ujar Paulus Ati.

Ia menambahkan, berdasarkan pembagian tugas SK Satgas C-19 ada masing-masing bidang yang menangani dan semuanya ada dibawah koordinir BPBD Kabupaten Kupang. Ini sebagai wujud tindakan BPBD sebagai pelayan untuk kegiatan kemanusiaan.

“Kita wajib mensosialisasikan kepada masyarakat di kecamatan hingga desa-desa terpencil tentang bahaya virus Covid 19 dan juga dampaknya bagi masyarakat. Ini merupakan suatu tugas besar dan tanggungjawab kita tim satuan tugas tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan dengan memperhatikan 5M,” jelasnya.

Sedangkan Camat Takari Ruben Nubatonis memberi apresiasi bagi Tim Satgas melalui dinas-dinas terkait beserta TNI Polri yang juga telah membantu masyarakat terkhusus di Kecamatan Takari dalam mencegah covid-19.

“Dengan adanya korban yang meninggal karena covid-19 bahkan ada masyarakat yang masih dirawat di rumah sakit, kami berharap ada tindakan pencegahan dari Pemda Kabupaten Kupang, agar masyarakat tidak merasa takut dan cemas melainkan merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas dengan mematuhi Prokes yang ada. Kami sudah melakukan tindakan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan ditempat umum, rumah ibadah, kantor dan lembaga-lembaga lainnya dikecamatan”, ungkap Ruben.

Camat Takari menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kupang dan jajarannya, Polres dan Danramil yang telah membantu serta mendukung kegiatan di Kecamatan Takari. Semoga kegiatan ini tetap berlanjut ke kecamatan lainnya hingga ke desa-desa di Kabupaten Kupang.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait