Yayasan Tanpa Batas NTT Gelar Edukasi dan Screening Gangguan Penglihatan di TTS

Pemeriksaan mata Yayasan Tanpa Batas NTT bekerjasama dengan Puskesmas Noebeba.

Soe-InfoNTT.com,- Yayasan Tanpa Batas (YTB) NTT, kembali gelar kegiatan Edukasi dan Screening gangguan penglihatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Noebeba. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (25/01/2023) pagi, di Desa Fatutnana, Kecamatan Noebeba, Kabupaten TTS.

Pada kesempatan tersebut, salah satu perawat pada Puskesmas Noebeba Yufra Selan, A.Md, Kep, menyatakan bahwa kegiatan edukasi dan screening gangguan penglihatan dilakukan melalui kegiatan POSBINDU yang sudah terjadwal oleh pada Puskesmas Noebeba.

Kegiatan edukasi dan screening gangguan penglihatan dilakukan dalam rangka memperkuat sistem layanan kesehatan mata, dan mengurangi angka kebutaan akibat katarak diwilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, yang di fasilitasi oleh Yayasan Tamba Batas.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat dengan mengikuti edukasi dan screening. Adapun masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan bersedia untuk untuk mendapatkan layanan operasi katarak yang di Fasilitasi semua dari Yayasan Tampa Batas.

Diketahui, dalam kegiatan edukasi Yayasan Tanpa Batas menggunakan media brosur sedangkan kegiatan Screening dilakukan oleh Perawat mata yang sudah dilatih oleh dokter spesialis mata.

Laporan: Welem Leba 

Pos terkait