KPU Kabupaten Kupang Akan Distribusi Logistik Pemilu H-6 Pemilihan 

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi.

Kupang-InfoNTT.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang memastikan sudah menerima seluruh logistik untuk kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sehingga tahap pendistribusian akan dimulai pada awal Februari.

“Kelengkapan logistik sudah 99 persen. Yang belum lengkap sudah disampaikan ke KPU Provinsi NTT untuk disampaikan ke pusat dan dilengkapi. Rencananya kami distribusi logistik di tanggal 8 sampai 10 Februari 2024. Paling lambat tanggal 10 itu sudah bisa diterima para kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS,” kata Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi (24/01) di sela kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan pihaknya saat ini masih melaksanakan tahapan pengaturan mekanisme pendistribusian logistik Pemilu 2024, agar ketika tiba di TPS jumlahnya bisa sesuai kebutuhan. Sedangkan proses pengepakan logistik Pemilu 2024 telah mulai dilakukan, awal Februari sudah selesai.

KPU Kabupaten Kupang, kata dia, juga terus memantau semua kotak suara agar dalam kondisi tersegel dan dipastikan sudah dilengkapi dengan komponen coblosan lainnya, sebelum pendistribusian dimulai.

“Kami akan memulai distribusi wilayah yang jauh seperti Amfoang Utara dan Amfoang Timur. Untuk wilayah yang harus melewati banjir, kami (KPU) akan mencari solusi lain seperti menggunakan jalur laut. Wilayah yang akan diberlakukan strategi distribusi ini seperti Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut dan Amfoang Utara ” ungkapnya.

Sementara, Elyaser menyatakan pihaknya juga menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kepolisian terkait mekanisme pengamanan distribusi logistik ke masing-masing TPS se-Kabupaten Kupang.

“Intinya KPU Kabupaten Kupang akan berupaya semaksimal mungkin agar proses dan tahapan pemilu berjalan dengan baik. KPU juga rutin melakukan sosialisasi ke desa-desa. Kami mengajak masyarakat Kabupaten Kupang untuk ke TPS dan ikut memilih di tanggal 14 Februari mendatang. Jangan golput,” tandasnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait