Tindak Lanjut Instruksi PJ Bupati, Dinas Perhubungan Segera Lengkapi Syarat Jembatan Timbang 

Pertemuan bersama Penjabat Bupati Kupang terkait rencana pembangunan jembatan timbang.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemkab Kupang sangat berharap, adanya fasilitas Jembatan Timbang di wilayah Kabupaten Kupang. Hal ini penting sebagai bentuk pengawasan terhadap aktifitas lalu lintas, pengangkutan galian C dan lainnya dari Kabupaten Kupang yang juga diharapkan berdampak pada Peningkatan PAD.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba saat beraudiens dengan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) NTT Robert N.I, Tail, Kamis, 27 Juni 2024 bertempat di ruang jerja Bupati Kupang di Oelamasi.

Bacaan Lainnya

Turut bersama dalam audiens tersebut Kadis Perhubungan Kabupaten Kupang Ricky Djo, Kepala Bapenda Frans Taloen dan Kepala BPKAD Okto Tahik.

Pj. Bupati Alexon berterima kasih atas kehadiran pak Kepala BPTD NTT di Oelamasi dan menyambut baik rencana pembangunan jembatan timbang oleh Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Dirinya menilai jembatan timbang yang dibangun nantinya bisa mengefektifkan pendataan kendaraan dan jumlah muatannya. Alexon nyatakan siap memenuhi persyaratan yang diperlukan sehingga pembangunan jembatan timbang bisa berjalan, baik aspek administrasi maupun sarana seperti lahan dan lainnya.

Kepala BPTD Robert N.I. Tail pada kesempatan tersebut menjelaskan Kementrian Perhubungan Ditjen perhubungan darat siap melakukan pembangunan Jembatan Timbang di area Oelamasi ibu kota Kabupaten Kupang.

Dirinya menjelaskan jembatan timbang didesain secara khusus untuk menimbang kendaraan-kendaraan beserta muatannya. Beberapa fungsi jembatan timbang yakni fungsi pencatatan dan fungsi pengawasan sehingga dengan dibangunnya jembatan ini bisa menertibkan kendaraan kendaraan untuk beroperasi, memuat barang sesuai standarnya dan tidak melebihi kapasitas tonase yang ditentukan.

“Selain itu melalui jembatan timbang ini kita melihat pengawasan Lalu lintas angkutan barang memerlukan pengawasan tonase kendaraan dan jenis barang yang diangkut, jika terdapat pelanggaran bisa di berikan tindakan,” ungkapnya.

Kadishub Kabupaten Kupang Ricky Djo nyatakan siap menindaklanjuti instruksi Pj. Bupati untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan guna pembangunan Jembatan timbang.

Dirinya juga tetap berkoordinasi dengan BPTD sehingga jembatan timbang dapat dibangun segera.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait