Pemdes Pathau Mulai Realisasi Perkerasan Jalan Secara Bertahap

Kepala Desa Pathau menjelaskan kepada warganya terkait tahapan perkerasan jalan di Dusun 1.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Polemik perkerasan jalan di Dusun 1, Desa Pathau, Kecamatan Amabi Oefeto Timur berakhir. Kepala Desa bersama jajaran menggelar pertemuan bersama warga guna menyelesaikan persoalan tersebut.

Kepala Desa Pathau, Kepala Desa Pathau, Robert Bansole kepada media ini, Kamis 11 Juli 2024 mengatakan tahun 2024 ini akan ada pekerjaan fisik berupa dua perkerasan jalan sertu, yakni pertama jalan perjuangan di RT 2, 3 dan 4 dusun satu dengan volume 630 meter. Selanjutnya jalan Tu’ulima sampai Fatuteta tepatnya di RT 3 sampai RT 1 dengan volume 600 meter.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan APBDes Tahun 2024 yang mana hasil RAKPDes November 2023 sudah final dua ruas jalan tersebut dengan total volume 1.230 meter dengan anggaran 188 juta rupiah. Selanjutnya tahun depan akan kita fokus pembenahan akses jalan ke RT 1 Fatuteta sebagai hasil kesepakatan kemarin. Jadi masyarakat RT 01 yang kecewa kemarin sudah selesaikan dan tahun depan kita kerja,” ungkapnya.

Menurut Robert Bansole, anggaran yang terbatas inilah yang harus dimengerti oleh masyarakat agar semua pekerjaan fisik yang diinginkan oleh masyarakat akan dilaksanakan secara bertahap.

“Jika kemudian pekerjaan jalan tidak dikerjakan sebagaimana hasil RAKPDes November 2023, maka akan jadi temuan dan bermasalah hukum kedepan. Jadi kemarin sudah sepakat dan saya janji tahun depan dikerjakan untuk RT 01,” jelasnya.

Ia menjelaskan, penyelesaian masalah ruas jalan tersebut sudah diselesaikan pada Selasa tanggal 9 Juli. Tokoh masyarakat khususnya RT 01 bertemu dengannya bersama jajaran di Kantor Desa Pathau guna menyampaikan semua pikiran yang menjadi keluhan selama ini.

Dirinya selaku kepala desa telah berupaya untuk menjelaskan seluruh pertanyaan dan harapan warga. Masyarakat juga sudah menerima penjelasan tersebut, dan karena anggaran terbatas sehingga disepakati tahun depan akan dikerjakan.

“Kesepakatan kemarin masyarakat menerima dengan senang hati, karena langkah persuasi semua bisa selesai. Selanjutnya tim akan turun untuk mengukur volume jalan di RT 01,” ujar Bansole.

Sedangkan progres pekerjaan saat ini yang sudah dikerjakan sudah berjalan tinggal pemadatan.

Selain jalan, Pemerintah Desa Pathau juga merealisasikan pengadaan lampu jalan dan rumah layak huni bagi warga. Jumlahnya 6 unit lampu jalan dan 6 unit rumah layak huni yang akan direalisasikan tahun ini.

“Dusun terluas ada di dusun 1 sehingga akses jalan yang kami buka juga menjawab tuntutan warga. Semoga kedepan apa yang menjadi harapan warga semuanya terpenuhi,” tandasnya.***

Pos terkait