Pemdes Oemasi Gelar Peresmian Sumur Bor, Bak Penampung dan Instalasi Perpipaan 

Camat Nekamese didampingi Kepala Desa Oemasi saat meresmikan sumur bor, bak penampung dan instalasi perpipaan yang siap digunakan oleh masyarakat.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Desa Oemasi, Kecamatan Nekamese, Kecamatan Kupang, gelar acara doa syukuran dan peresmian sumur bor, bak penampung dan instalasi perpipaan, Kamis 30 Mei 2024 siang di Dusun 4, RT 010, RW 004, Desa Oemasi.

Camat Nekamese, Yermie A. Koanak dalam sambutannya mengatakan serah terima sumur bor, bak penampung dan instalasi perpipaan di Desa Oemasi ini menjadi catatan penting bagi desa-desa yang lain di Kecamatan Nekamese agar percepatan pencairan dan penggunaan dana desa.

Menurut Camat Yermie, dari 11 desa di Kecamatan Nekamese yang cair tahap 1, ada 10 desa yang sudah melaksanakan kegiatan dan kegiatan fisik baru Desa Oemasi dan ini bisa menjadi desa pertama di Kabupaten Kupang yang menyelesaikan pekerjaan fisik tahap pertama dana desa Tahun 2024.

“Luar biasa kerja keras dan keras dari TPK yang sudah bekerja bersama anggota. TPK mampu berusaha keras dan menyelesaikan pekerjaan. Ini luar biasa dan saya sangat senang. Pelaksanaan dana desa dan pembangunan berjalan baik karena kerja keras TPK, Kepala Desa Oemasi dan perangkat,” ujarnya.

Camat Nekamese berpesan kepada masyarakat menjaga dengan baik agar bisa nikmati air ini dalam jangka panjang dan usaha dari pemerintah desa bisa menjadi bagian dari perjuangan kedepan. Setidaknya anak cucu bisa ikut menikmati.

“Jangan ada tangan tangan jahil. Semoga kerja sama ini terus dipupuk dan terjalin dengan baik. Semoga kedepan dapat dana kinerja, sehingga masyarakat bisa terpenuhi hak-hak lain dalam pembangunan,” ungkapnya.

Kepala Desa Oemasi, Ayub Abson Nenogasu kepada media usai kegiatan mengatakan bahwa kegiatan fisik yang diresmikan ini dianggarkan dari Dana Desa Tahun 2024 tahap pertama dengan jumlah anggaran Rp229.405.000.

Ia menambahkan, sumur bor dan bak penampung ini ini mengairi 55 KK di Dusun 4, Desa Oemasi. Yang mana setiap kran untuk 2 KK dengan jumlah keseluruhan ada 22 kran.

“Bak ini menampung 30 ribu liter air. Kedepan akan dibangun juga sumur bor dan bak penampung bagi dusun 1, 2, 3 dan 5. Agar di periode kepemimpinan saya semua dusun dapat menikmati sumber air dari sumur bor,” ujarnya.

Sumur bor, bak penampung dan instalasi perpipaan ini perencanaan kerja 90 hari. Namun hanya kerja satu bulan lebih, yakni dimulai pada awal April 2024 dan selesai pertengahan Mei kemarin. Artinya kegiatan fisik ini diselesaikan lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Dalam acara syukuran dan peresmian ini juga dilaksanakan penyerahan berita acara pekerjaan dari TPK kepada Pemerintah Desa Oemasi yang diterima oleh kepala desa.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Camat Nekamese bersama staf, Kapospol Nekamese, pendamping Kecamatan Nekamese, BPD Oemasi, pendamping Desa Oemasi, kepala dusun 1 sampai 5, masyarakat Desa Oemasi.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait