Mata Hati Penjabat Bupati Alexon Lumba Untuk Anak Berprestasi di Kabupaten Kupang

Penjabat Bupati Kupang saat memberikan penghargaan kepada dua siswa berprestasi di Amarasi.

Amarasi-InfoNTT.com,- Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba merasa bangga bisa bertemu langsung dengan anak-anak hebat, yang memiliki prestasi yang mendunia, yakni Nono juara I kompetisi matematika International, juga Angelus sebagai juara terbaik pada kompetisi Sains Tingkat Nasional.

Hal ini disampaikan Penjabat Bupati Kupang saat kunjungan kerjanya di SD Negeri Buraen I, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (13/7/2024).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau yang dikenal Nono merupakan bocah genius juara dunia kompetisi Matematika, yang di tahun ajaran baru ini akan naik ke kelas empat.

Disusul anak cerdas pemenang kompetisi Sains Tingkat Nasional, Angelus Syukur Teguh Timu Nitti, yang di tahun ajaran baru ini, naik ke kelas Enam. Keduanya merupakan murid berprestasi asal SDN Buraen I Amarasi Selatan, yang telah mengharumkan nama Kabupaten Kupang ke tingkat nasional bahkan internasional.

Atas prestasi unggul dari kedua murid SD tersebut, Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba berkunjung langsung dan bertemu keduanya di sekolah.

Di kesempatan baik itu, keduanya mendapatkan piagam penghargaan dari Pemkab Kupang, yang diserahkan langsung oleh Pj.Bupati Alexon Lumba. Kesempatan yang sama, penghargaan diberikan kepada Kepala SDN Buraen I dan Ibu Kandung dari Nono yang juga adalah Guru di SDN Buraen I.

Alexon Lumba mengatakan, prestasi yang ditoreh oleh Nono dan Angelus bisa menjadi motivasi dan dapat ditiru oleh anak-anak sekolah yang ada di Kabupaten Kupang.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para pendidik, orangtua dan segenap unsur yang dengan andilnya dapat memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Kupang hingga ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Kedepan, semoga ada lagi Nono-Nono baru, Angelus-Angelus baru dari Kecamatan Amarasi Selatan dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Kupang,” tekan Alexon.

Kepada anak-anak SDN Buraen I, Alexon Lumba berpesan agar selalu tekun belajar agar dapat menggapai cita-cita. “Bila orangtua, ba’i nenek kita tidak tamat sekolah atau batas pendidikan hanya sampai SMP atau SMA, kita anak-anak harus lebih dari itu, terus lanjutkan pendidikan,” pesannya.

Tak hanya itu, ia terangkan pendidikan di NTT khususnya Kabupaten Kupang, terkait tingkat kelulusan masih rendah, masih dapat rapor merah. Ini perlu menjadi perhatian segenap pihak dalam memberi kemajuan pendidikan di Kabupaten Kupang.

“Sekarang banyak Lembaga-lembaga yang membantu di bidang pendidikan. Kita manfaatkan link-link itu. Buka konsep berpikir kita, melihat hal-hal baru atau ciptakan inovasi-inovasi baru, yang dapat memajukan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik,” kata dia.

Sementara perwakilan dari Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Lilik Harjanto dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Penjabat Bupati Alexon Lumba yang telah hadir langsung ke SDN Burean I yang merupakan salah satu Sekolah Binaan Astra.

Baginya, kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut menjadi motivasi bagi Kepsek, guru untuk terus majukan sekolah ini dan mencetak murid-murid berprestasi.

Lilik Harjanto lanjut menerangkan 4 (empat) pilar pembangunan pendidikan yang digagas Yayasan Pendidikan Astra yaitu Karakter, Akademik, Seni Budata dan Kecakapan Hidup.

Menurutnya, hal ini menjadi terobosan untuk belajar kedewasaan bagaimana mengembangkan talenta-talenta anak didik binaan Astra.

“Selain anak-anak didik, Astra juga memperhatikan potensi yang dimiliki para tenaga pendidik untuk berinovasi. Kata kuncinya adalah kesempatan. Astra berikan kesempatan bagi guru-guru dan siswa berprestasi,” kata Harjanto.

Ia berharap, sekolah-sekolah binaan Astra terus dipantau oleh pemerintah, agar guru dan anak didik terus berprestasi, memajukan pendidikan di Kabupaten Kupang, dan membawa harum nama Kabupaten Kupang ke Tingkat Nasional dan Internasional.

Turut hadir, penjabat Ketua TP-PKK Ny.Sorta Lumba-Turnip, Kadis P dan K, Eliaser Teuf, Kaban Perijinan Guntur Taopan, Kadis Perikanan Jakson Baook, Sekretaris Kesbangpol Merlyn Buraen.

Penjabat Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Sonraen di Kelurahan Sonraen, Kecamata Amarasi Selatan.

Dirinya berkunjung dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk bertegur sapa dengan pasien dam melihat aktifitas tenaga medis serta memastikan sarana prasarana yang tersedia di puskesmas ini.

Lokasi selanjutnya yang dikunjungi Pj.Bupati dan rombongan adalah SMP Negeri I Amarasi Selatan, Jalan A.R. Koroh Sonraen.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait