KPU Kabupaten Kupang Gelar Bimtek serta Training of Trainer Bagi Seluruh PPK dan PPS 

Sekretaris KPU Kabupaten Kupang, Banla Y. P. Kinanggi

Kupang-InfoNTT.com,- KPUD Kabupaten Kupang gelar bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara serta Training of Trainer bagi PPK dan PPS se Kabupaten Kupang pada pemilu tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, 20 sampai 22 Januari di Neo Aston Hotel Kupang. Pemateri pada kegiatan Bimtek ini yakni Ketua dan anggota KPU.

Bacaan Lainnya

Pada hari pertama dan hari kedua pemateri yakni Samsul Gole, Nichson Manggoa dan Meri Tiran. Sedangkan pada hari ketiga, pemateri yakni Ketua KPU Kabupaten Kupang bersama anggota KPU Kabupaten Kupang Johanis Tunbonat, Samsul Gole, Nichson Manggoa dan Meri Tiran.

Materi pada kegiatan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara serta Training of Trainer bagi PPK dan PPS se Kabupaten Kupang ini adalah penghitungan suara mulai dari tahapan persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan penghitungan suara ulang, lanjutan dan susulan.

Selanjutnya ada materi terkait sistematika pemungutan suara. Dalam materi ini dijelaskan proses dan tahapan pemungutan suara, pemungutan suara ulang, pemungutan suara di TPS lokasi khusus dan pemungutan suara sistem noken atau ikat.

Selanjutnya adapun materi lain terkait tata kerja, kode etik dan kode perilaku bagi KPPS. Para peserta juga disuguhi materi pengantar dan bagaimana harapan serta komitmen belajar bagi KPPS.

Sekretaris KPU Kabupaten Kupang, Banla Y. P. Kinanggi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024, terutama dari sisi kesiapan teknis, partisipasi masyarakat dan logistik.

Melalui kegiatan ini Banla menghimbau agar PPK dan PPS se-Kabupaten Kupang selalu menjaga soliditas, integritas dan sinergitas antar penyelenggara pemilu agar gelaran Pemilu serentak 2024 bisa berjalan lancar dan sukses.

“Harapannya agar setelah bimtek terpadu ini semua penyelenggara pemilu mulai PPK dan PPS mendapatkan pemahaman yang cukup terkait tupoksi dan bisa lancar serta sukses menyelenggarakan pemilu di wilayah kerja masing-masing,” pungkasnya.

Peserta yang hadir hari pertama Bimtek yakni regional 1 PPK dan PPS Kecamatan Amarasi Timur, Amarasi Selatan, Amfoang Timur, Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, Amfoang Barat Daya dan Fatuleu Barat.

Hari kedua, yakni PPK dan PPS dari Kecamatan Amabi Oefeto, Amabi Oefeto Timur, Takari, Fatuleu, Fatuleu Tengah, Amfoang Tengah, Amfoang Selatan, Sulamu, Amarasi.

Hari ketiga alias hari terakhir giliran PPK dan PPS Kecamatan Kupang Timur, Kupang Tengah, Kupang Barat, Taebenu, Amarasi Barat, Nekamese, Semau dan Semau Selatan.***

Pos terkait