Perumda Air Minum Soe Bagi Jadwal Pelayanan Karena Terbatas Ketersediaan Air

Direktur PERUMDA Air Minum TTS, Lely Hayer.

Soe-InfoNTT.com,- Musim panas yang berkepanjangan di tahun 2023 ini beberapa sumber air yang melayani kurang lebih 6.900 pelanggan di Kota Soe mengalami kekurangan debit air sehingga pelayanan dalam air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Aie Minum tidak maksimal.

Direktur PERUMDA Air Minum TTS, Lely Hayer, kepada wartawan Senin (6/11/2023) siang di ruangan kerjanya menjelaskan, tahun ini tentunya semua mengetahui bahwa musim panas yang cukup panjang.

“Tentunya kita fokus dan mengutamakan kepada pelanggan tapi untuk musim panas tahun ini ada beberapa wilayah yang tidak bisa dilayani air bersih karena ketersediaan debit air yang saat ini berkurang drastis,” ujar Lely.

Ia mengatakan, khusus pelanggan di Kota Soe, sudah dibagi jadwal karena ketersediaan air sudah kurang. Kalau Bonleu biasa debitnya 80 liter per detik tapi dengan musim kemarau yang panjang saat ini hanya 32 liter per detik dan bahkan sekarang di musim panas ini 10 liter per detik yang masuk sehingga keterdiaan air untuk pelanggan sangat berkurang.

Menurutnya, tahun ini tidak layani pakai tangki karena Perumda Air Minum Soe punya tangki air rusak semua, tahun kemarin pinjam tangki PRKP tapi tahun ini mereka juga pakai untuk pelayanan air bersih desa-desa yang kekeringan.

“Tetapi karena kita tidak bisa layani pakai tangki maka kita ambil kebijakan untuk ketika pelanggan membayar uran ada dispensasi saja bagi pelanggan. Untuk saat ini kita bagi jadwal, ada empat sumber air yang melayani pada pelanggan kota soe yakni sumber air Bonleu, sumber air Oenasi, sumber air Oe Soe, dan Bisuaf,” jelasnya.

Dirinya berharap kepada pelanggan untuk pelayanan sehingga menggunakan air sesuai kebutuhan, selalu menghemat air sambil menunggu musim hujan nanti. Dan kami mohon maaf karena pelayanan kami tidak begitu normal karena kondisi alam.

“Kita juga berterimakasih kasih kepada pelanggan hingga sejauh ini masih mendukung PERUMDA dalam pelayanan air bersih, tentunya kita semua juga mengerti dengan kondisi saat ini. Untuk sementara kita pakai air sesuai kebutuhan supaya bisa cukup,” tandasnya.

Laporan: Welem Leba 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *