Keren!! Kepala Desa Fatukanutu Inisiasi Lomba Kebersihan Lingkungan di HUT RI ke-78

Kepala Desa Fatukanutu bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tim penilai foto bersama usia memantau pembersihan lingkungan di enam dusun.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, warga Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang, dengan semangat gotong royong gelar kerja bakti serentak di setiap dusun.

Kepala Desa Fatukanutu, Ayub Saebesi kepada media ini (01/8) mengatakan bahwa dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh warga desa, kerja bakti serentak ini berlangsung meriah dan penuh kebersamaan. Setiap Dusun menunjukkan semangat tinggi dalam membersihkan lingkungan, merapikan infrastruktur, pemasangan bendera dan melakukan pembenahan di area publik untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan indah.

Bacaan Lainnya

“Hari ini dilaksanakan pemeriksaan kebersihan lingkungan di setiap dusun yang ada di Desa Fatukanutu. Bagi warga yang tidak menanam bunga berarti harus pagar, dan kalau ada bunga maka harus dipangkas rapi dan dipasang bendera merah putih dan umbul-umbul,” tegasnya.

Hal ini dilakukan Pemerintah Desa Fatukanutu untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu agar lingkungan terlihat rapi dan menarik.

“Kegiatan bukan hari ini saja tapi saya berharap bisa berlangsung selama bulan Agustus. Jadi hari ini pemeriksaan di enam dusun dan saya sebagai pemimpin di Desa Fatukanutu akan memberikan bonus bagi dusun yang tingkat kebersihannya bagus, mulai dari juara satu sampai enam,” ungkapnya.

Bonusnya berupa piala dan medali untuk juara satu, dua dan tiga. Sedangkan juara empat sampai enam ada amplop sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Desa Fatukanutu.

Ayub Saebesi juga mengatakan bahwa kegiatan ini adalah inisiatifnya untuk memberikan contoh baik bagi desa lain yang ada di Amabi Oefeto, karena pusat pemerintahan Kecamatan Amabi Oefeto ada di Desa Fatukanutu.

Jadi HUT RI Tahun ini Desa Fatukanutu mengadakan lomba kebersihan lingkungan. Kegiatan lomba ini merupakan spirit para aparat dan warga agar menjaga lingkungan tetap bersih.

Ayub Saebesi berharap program unggulan di desa yaitu menghidupkan kampung bersih, dan ketua RT dan RW tetap berkantor di hari Sabtu.

“Saya mengucapkan selamat untuk masyarakat semua yang sudah menjalankan program ini, terlebih Dusun 3 yang keluar sebagai pemenang tingkat kebersihan desa tahun 2023. Mari jaga desa agar bersih dan sehat,” ucap Ayub Saebesi.

Selain kepala desa, kerja bakti yang melibatkan masyarakat secara keseluruhan ini juga dihadiri aparat desa, BPD, Bhabinkamtibmas, babinsa dan tokoh adat.

Laporan: Messe Ataupah 

Pos terkait