Kerja Keras Pemdes Fatukanutu Teruji, Desa Pertama Tetapkan APBDes dan Penyaluran BLT 

Kepala Desa Fatukanutu, Ayub Saebesi, S.H, saat menyerahkan BLT Tahap 1 Tahun 2024 secara simbolis.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, mencatatkan sejarah tahun 2024 dengan menjadi desa pertama di Kabupaten Kupang yang melaksanakan penetapan APBDes dan penyaluran BLT Tahap 1.

Kepala Desa Fatukanutu, Ayub Saebesi, S.H, kepada media ini, Jumat (08/3) usai penyaluran BLT Tahap pertama di Aula Kantor Desa Fatukanutu, mengatakan bahwa Tahap pertama ini disalurkan bagi 81 KPM dengan jumlah Rp.1.800.000 untuk 6 bulan.

Bacaan Lainnya

“Hari ini adalah hari yang sangat penting bagi masyarakat Desa Fatukanutu terlebih bagi 81 penerima bantuan langsung tunai dengan total anggaran sebesar Rp291.600.000. Nama-nama diambil dari setiap dusun. Untuk tahun ini Pemerintah Desa Fatukanutu menyalurkan bagi yang belum tersentuh bantuan di tahun sebelumnya,” ujar Ayub.

Menurut Ayub Saebesi, bantuan ini bisa dipergunakan untuk produktivitas rumah tangga seperti menanam sayur ataupun beternak. Selain itu juga bisa digunakan membeli beras karena memang saat ini harga beras sedang melambung tinggi.

“Saya minta manfaatkan uang ini secara baik,,dan ingat memberi kepada Tuhan sebagai perpuluhan karena berkat yang kita dapat melalui pemerintah adalah Wakil Allah. Gunakan sebaik mungkin hal ini agar ekonomi kita bertumbuh dengan baik,” pesan Ayub.

Komitmen Pemerintah Desa Fatukanutu, lanjut Ayub Saebesi, bahwa Pemdes Fatukanutu fokus melayani seluruh masyarakat dengan sungguh-sungguh. Maka kewajiban masyarakat yakni mendukung pemerintah desa dalam pembangunan terlebih program kepala desa.

Kepala Desa Fatukanutu juga meminta masyarakat untuk merawat lingkungan rumah baik menanam tanaman produktif maupun membersihkan halaman rumah dari sampah. Jangan biarkan rumput tumbuh subur di lingkungan rumah atau sampah berserakan di halaman rumah.

“Komitmen saya setiap hari Sabtu, saya pakai celana pendek dan jalan keliling 501 KK di Desa Fatukanutu guna memantau kebersihan,” ucapnya.

Selanjutnya, dalam bulan Maret hingga April jika cuaca bagus, maka Pemdes Fatukanutu akan mulai gunakan dana desa untuk pengadaan sapi dan distribusi 30 ekor ke setiap dusun untuk pemberdayaan. Ada juga program lain yakni jalan dan bantuan rumah 17 unit. Rumah akan dikerjakan jikalau cuaca sudah bersahabat.

Pekan depan Pemdes Fatukanutu juga akan melaksanakan rapat untuk pelaksanaan kegiatan kerja di lapangan.

Penyaluran BLT Tahap pertama tahun 2024 Pemerintah Desa Fatukanutu ini didampingi dan diserahkan secara simbolis oleh Camat Amabi Oefeto, Bhabinkamtibmas, Pemdamping Desa Fatukanutu dan BPD Fatukanutu.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait