Diikuti 60 Tim, Pembukaan Turnamen Tesbatan JPW-Sober Cup IX 2023 Dihadiri Fary Francis 

Pembukaan Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup IX Tahun 2023.

Amarasi-InfoNTT.com,- Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup IX Tahun 2023 resmi dimulai. Turnamen bergengsi yang digelar setiap tahun di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang ini resmi dibuka, Kamis 29 Juni 2023 siang di Lapangan Utama Tesbatan.

Untuk diketahui bahwa turnamen ini digagas oleh pemuda Tesbatan bersama dua tokoh muda Gerindra yakni Jan Pieter Windy dan Serena Cosgrova Francis.

Bacaan Lainnya

Selain dihadiri 60 tim yang akan bertanding, turut hadir memeriahkan acara pembukaan pegiat media sosial Kota Kupang Kaka Bozhan, Kaka Tua Adat 4 dan MC Kondang Reti Benu.

Acara pembukaan Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup IX Tahun 2023 juga diisi dengan drum band serta tarian daerah dari siswa siswi SD Tainbira.

Turnamen ini dihadiri langsung oleh Fary Djemy Francis, Komisaris Utama Asabri yang juga penggagas Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup. Turnamen di buka oleh Asisten 2 Pemkab Kupang.

Fary Francis dalam kesempatan tersebut mengatakan selain hiburan, turnamen ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar pemain serta mengasah mental bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Sebagaimana umumnya dalam sebuah pertandingan olahraga setiap pemain dituntut mengerahkan segenap kemampuannya dengan dilandasi jiwa sportivitas yang tinggi dan mengikuti seluruh peraturan pertandingan yang telah ditetapkan dan patuhi keputusan wasit,” ucapnya.

Menurutnya, menang atau kalah dalam sebuah pertandingan ini adalah hal yang biasa dan meraih juara juga bukan tujuan utama, namun yang paling penting kata dia harus menjaga kekompakan sepanjang kegiatan pertandingan berlangsung.

“Ingatlah meraih juara bukan tujuan utama akan tetapi yang lebih penting diraih melalui turnamen ini adalah melatih mental, memupuk kekompakan, memberikan pengalaman, mendorong semangat juang, memberikan suguhan hiburan yang menarik melalui kegiatan olahraga bagi masyarakat serta menjalin tali silaturahmi antar klub sepakbola yang menjadi peserta,” katanya.

Fary Francis juga menambahkan bahwa sesuai dengan tema Tarkam naik kelas, maka ada tambahan hadiah, yakni dari askab untuk seleksi pemain uji coba masuk ke Liga 2, top score akan uji coba masuk ke Liga 2 dan kiper terbaik akan dilirik secara bersama-sama untuk diseleksi.

Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup IX, Abdullah Horsan mengatakan, melalui momen ini, berkesempatan untuk menemukan bakat-bakat terbaik dari cabang olahraga sepakbola, yang pada masanya nanti akan menjadi modal berharga bagi daerah untuk berkiprah tidak hanya di tingkat lokal, regional, bahkan nasional.

Selain itu, Ketua Panitia meyakini bahwa, apabila pemain terbaik dan berbakat yang nantinya lahir dari turnamen yang laksanakan pada kesempatan ini terus dikelola dan dibina, maka NTT kedepan akan memiliki kekuatan tim sepakbola yang disegani, dan bibit-bibit terbaik yang dimiliki daerah yang akan mampu menjadikan sepakbola sebagai prestasi, bukan hanya bagian dari hobi semata.

“Tentunya Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup IX ini membawa dampak signifikan kepada para pemain, pelatih dan klub yang ada di Kabupaten Kupang dan sekitarnya khususnya Amarasi,” ungkapnya.

Upacara pembukaan Turnamen Sepak Bola Tesbatan JPW-Sober Cup IX Tahun 2023 selain dihadiri Fary Francis, juga turut hadir Serena Francis, Jan Pieter Windy, Askab PSSI Kabupaten Kupang, Camat Amarasi, Kapolsek Amarasi, TNI, Kepala Desa Tesbatan dan semua tim yang berkompetisi.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait