Giliran Desa Pakubaun dan Enoraen Dapat Pelayanan Lais Manekat Dispenduk Kabupaten Kupang

Pemuda Desa Pakubaun saat menunjukkan KTP yang baru saja diterimanya sebagai bukti nyata pelayanan publik Dispendukcapil Kabupaten Kupang di Amarasi Timur.

Amarasi-InfoNTT.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kupang melaksanakan pelayanan administrasi lewat jemput bola di Kecamatan Amarasi Timur.

Pelayanan jemput bola ini merupakan implementasi dari Program LAIS MANEKAT sekaligus Pelayanan Langsung Dokumen Kependudukan yang digagas oleh Kadis Yulius O. Z. Taklal, SH.,M.Hum.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Pakubaun, Bildat Elifas Runesi kepada media ini, Jumat (21/6/2024) pagi mengatakan bahwa pelayanan jemput bola yang dilakukan oleh Dispenduk Kabupaten Kupang di Desa Pakubaun dan Desa Enoraen, Kecamatan Amarasi Timur ini dilaksanakan selama empat hari yang berlangsung di aula Desa Pakubaun.

“Saya sebagai Kepala Desa Pakubaun menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Penjabat Bupati Kupang lebih khusus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena telah memberi perhatian lebih bagi pelayan prima di tengah masyarakat,” ujarnya.

Bildat Runesi mengungkapkan, dua hari pelayanan sejak tanggal 19 hingga 20 Juni 2024 sudah menghasilkan 54 KSK, 36 Akte Lahir, 5 Akte Perkawinan, 5 Akte Kematian, 71 perekaman dan 154 cetak KTP.

“Ini hasil sungguh luar biasa, setidaknya dengan pelayanan jemput bola ini sudah bagian dari membantu kami Pemerintah Desa Pakubaun dalam mengurus masyarakat, karena kita mau usul bantuan bentuk apapun interfensi Dana Desa, APBD I, APBD II bahkan APBN juga harus ada NIK atau dokumen jelas,” jelasnya.

Menurut Kades Pakubaun, selama ini masyarakat terus bertanya alasan tidak tersentu bantuan. Pertanyaan ini sering pemerintah desa dapati di masyarakat. Yang mana harus diketahui bahwa saat segala bentuk bantuan harus berbasis data yang sudah tersistim.

“Jika ada masyarakat tidak urus data diri maka otomatis tidak akan terbaca. Oleh karena itu kami edukasi masyarakat bahwa bantuan akan ada tapi lebih utama urus data diri terlebih dahulu. Dengan kehadiran langsung Dispendukcapil di Desa Pakubaun maka diharapkan masyarakat bisa segera manfaatkan guna menuntaskan segala bentuk administrasi kependudukan,” jelasnya.

Tersisa dua hari pelayanan Dispendukcapil di Amarasi Timur khususnya Desa Pakubaun dan Enoraen, maka Bildat Runesi menghimbau kepada masyarakatnya untuk memamfaatkan waktu tersisa ini untuk mengurus seluruh dokumen yang belum ada.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *