Sentra Gakkumdu Kabupaten Kupang Sosialisasi Cegah Pelanggaran Pemilu di Hanura

Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Kupang menggelar sosialisasi terkait Pencegahan Pelanggaran Pidana Pemilu Tahun 2024 kepada DPC Partai Hanura Kabupaten Kupang, Jumat 07 Juli 2023 siang.

Kupang-InfoNTT.com,- Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Kupang menggelar sosialisasi terkait Pencegahan Pelanggaran Pidana Pemilu Tahun 2024 kepada DPC Partai Hanura Kabupaten Kupang, Jumat 07 Juli 2023 siang.

Kegiatan yang dilaksanakan di sekretariat DPC Hanura Kabupaten Kupang ini dihadiri oleh para pengurus Partai Hanura beserta Bakal Calon Legislatif 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam sosialisasi ini Gakkumdu berharap pada penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2024 tidak ada pelanggaran pidana Pemilu yang dilakukan oleh subyek hukum diantaranya adalah pihak-pihak yang diatur netralitasnya dan peran peserta sosialisasi yang hadir diharapkan untuk ikut mensosialisasikan kembali ke masyarakat.

Koordinator Gakkumdu dari unsur Bawaslu dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi pencegahan pidana Pemilu adalah agar subyek hukum pidana pemilu mematuhi, mentaati peraturan yang berlaku dan tidak menjadi subyek hukum pelanggar.

Selain itu juga disampaikan kepada peserta sosialisasi diantaranya terkait tugas kewenangan Bawaslu, Pasal-Pasal pidana dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, money politik, netralitas, peran Kepolisian, Kejaksaan dalam penegakan pidana Pemilu, serta potensi-potensi pelanggaran Pemilu pada tahapan kampanye.

Bawaslu juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Partai Hanura sebagai salah satu partai yang tertib. Hal baik ini diharapkan lancar hingga pada penetapan DCS.

Selain itu, Bawaslu juga apresiasi atas peran yang yang dilakukan partai Hanura karena pada pemilu 2019 di catatan Bawaslu kader Hanura aman dan tidak ada yang salah jalan. Partai Hanura Kabupaten Kupang selalu taat asas dan taat aturan, koordinasi dan komunikasi juga berjalan dengan baik.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Kupang, Anthon Natun dalam kesempatan tersebut memastikan bahwa seluruh kader Hanura akan berkolaborasi agar pesta demokrasi di Kabupaten Kupang berjalan penuh kasih.

Anthon Natun bahkan mengatakan bahwa sejauh ini Partai Hanura konsisten berada di jalur yang benar dengan mendukung Bawaslu untuk memberikan pemahaman yang baik kepada kader dan masyarakat.

Dirinya meminta Gakkumdu Kabupaten Kupang agar serius dan bekerja keras agar partai partai politik yang bekerja kotor pada Pemilu 2024 bisa ditindak. Hal ini agar hasil pesta demokrasi bisa menghasilkan dewan yang berkualitas dan jauh dari pelanggaran.

Anthon juga berjanji akan ikut memantau permainan uang alias money politik yang dilakukan oknum-oknum tertentu guna mendulang suara di pemilu. Permainan kotor ini harus dicegah dan ditindak secara serius agar partai politik yang bermain bersih tidak menjadi korban dari mafia politik.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *