Kepala Desa Terpilih Jangan Seenaknya Mengganti Perangkat Desa yang Sudah Dilantik

Camat Amfoang Barat Daya, Yulius Taklal, ketika memimpin Sertijab tiga kades terpilih di wilayahnya.

Amfoang-InfoNTT.com,- Kecamatan Amfoang Barat Daya resmi laksanakan serah terima jabatan bagi tiga kepala desa terpilih, yakni Desa Manubelon, Nefoneut dan Bioba Baru. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat 7 Januari 2022 di aula Kantor Camat Amfoang Barat Daya.

Camat Amafoang Barat Daya, Yulius Taklal, SH.,M.Hum, kepada media ini (09/01), mengucapkan selamat kepada para kepala desa yangbbaru saja menerima tugas dan tanggungjawab sebagai pelayan masyarakat. Para kades mulai aktif terhitung tanggal 10 Januari 2022.

Bacaan Lainnya

Camat Amfoang Barat Daya juga meminta para kepala desa agar program 100 hari pertama, mewajibkan setiap kepala keluarga yang ada di desanya masing-masing untuk menanam minimal 25 anakan kelapa 25 anakan pisang dan 25 anakan jambu mete.

“Contohnya di Desa Manubelon ada 500 KK, maka tahun 2022 ini ada 12.500 pohon kelapa, 12.500 pohon pisang dan 12.500 pohon mete yang ditanam. Ini bagian dari program mensukseskan revolusi 5 P,” ujarnya.

Yulius juga berharap para kades bisa terus berkoordinasi dengan pihak puskesmas guna mensukseskan vaksinasi baik tahap I maupun tahap II kepada masyarakat di desa masing-masing. Selain itu juga harus memperhatikan masalah stunting di tiap desa.

“Jangan juga semaunya mengganti atau merombak perangkat desa yang sudah terisi, karena hal ini sangat bertentangan dengan pasal 39 dan pasal 53 ayat 2 UU nomor 6 tahun 2014, Permendagri nomor 67 tahun 2017 serta Peraturan Bupati Kupang nomor 5 tahun 2021,” tegas Yulius.

Dirinya juga mengingatkan para kades bahwa sebagai pemimpin yang dipilih oleh masyarakat, maka harus hadir sebagai pelayan guna mampu melayani semua masyarakat tanpa membeda-bedakan, karena proses demokrasi di desa telah usai, saat ini fokus untuk membangun.

Sedangkan terkait dana desa tahun 2022, Camat Amfoang Barat Daya meminta para kades untuk segera mempersiapkan dokumen RAPBDes, sehingga secepatnya dibahas bersama BPD dan ditetapkan menjadi APBDes sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

“Saya sebagai camat mewakili pemerintah kecamatan Amfoang Barat Daya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para penjabat kepala desa yang telah mengabdikan diri untuk melayani masyarakat. Juga untuk panitia pilkades yang telah ikut mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak Kabupaten Kupang tahun 2021 kemarin,” tandasnya.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *