Rotasi Jabatan Akhir Tahun, Jerry Manafe Minta Pejabat Harus Selesaikan LPJ dan Tidak Ego Sektoral

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe ketika menandatangani berita acara serah terima jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkup Pemkab Kupang

Oelamasi-InfoNTT.con,- Setelah pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang, jumat 4 Desember 2020 lalu, dilanjutkan dengan serah terima jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, pada Senin, 7 Desember 2020 di Ruang Rapat Bupati Kupang di Oelamasi.

Serah terima jabatan ini dilaksanakan oleh Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, dalam arahannya mengatakan, rotasi atau serah terima ini ada yang menerima dan ada yang menyerahkan. Serah terima jabatan ini juga dilakukan pada penghujung tahun 2020, di mana perlu adanya LPJ.

Menurutnya, semua pertanggung jawaban harus diselesaikan dengan baik, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara yang menyerahkan dan yang menerima, sekaligus meneruskan tugas dan tanggung jawab tersebut. Ini hanya pergeseran dan tidak ada yang dinonjobkan, tinggalkanlah yang bukan haknya.

Kepada pejabat yang menerima, Jerry Manafe mengatakan, lakukanlah hal-hal baik yang sudah pernah dirintis pejabat sebelumnya. Jangan membawa suatu nuansa atau suatu aroma untuk merusak suasana dan akhirnya menjadi kacau.

“Kita sekarang tidak bisa ego sektoral. Bila masing-masing dinas hanya memikirkan dinasnya sendiri dan tidak berkolaborasi, tidak ada mata rantai, kita akan susah. Sudah saatnya kita semua bersama-sama, bergotong royong, bersinergi melaksanakan program 5 P dan tentunya juga segala kegiatan dana DAU dan dana DAK yang akan kita dapatkan dari pusat,” tegas Jerry.

Kepada pejabat administrator, Jerry berharap agar memperhatikan situasi, kondisi, dan suasana kerja lingkup masing-masing. Ciptakan suasana kerja yang kondusif dan aman agar semua pekerjaan yang diemban, dapat terselesaikan dengan baik.

“Tatapem harus memperhatikan staf-staf yang kekurangan di kecamatan, karena hampir semua staf kecamatan menjadi penjabat Kades.
Camat-camat agar tetap berada di Kecamatan, dan jadikan tempat kerja dan kondisi kantor, menjadi tempat kerja yang aman dan asri, sehingga ketika camat melaksanakan tugas, ada damai sejahtera dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, sebagai seorang Aparat Sipil Negara, bila ditempatkan di kecamatan yang jauh, itu bukan merupakan pembuangan, tapi ada maksud Tuhan yang diberikan kepada kita.

“Yusuf dalam cerita alkitab, dibuang oleh saudara-saudaranya, tetapi dia dapat berhasil di tempat orang dan memberi makan saudara-saudaranya. Kepada camat 3 T (terluar, tertinggal, terdepan) agar memperhatikan ini,” jelasnya.

Jerry juga minta kepada seluruh camat agar tetap memperhatikan wilayahnya serta dapat mengenali obyek-obyek yang menjadi perhatian, misalnya Camat Kupang Timur, ada beberapa obyek seperti pasar oesao, garam, peternakan ayam, dan lain-lain. Ini adalah obyek-obyek vital yang perlu mendapat perhatian secara cermat dari seorang camat.

Diakhir semuanya, Wakil Bupati Kupang berharap agar kepercayaan yang diberikan Bupati dan juga Tuhan untuk bekerja dan berkarya, dapat disyukuri dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kupang, Obet Laha, dalam pesan-pesan ya menitipkan 3 hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab para pemimpin atau pejabat yakni tentang LPJ, agar diselesaikan dengan baik. Asistensi anggaran 2021 suratnya sudah ditandatangani Sekda dan APBD 2021 sementara diasistensi. Bila tidak berubah, SIRUPnya sudah bisa diinput di ULP, sehingga paling lambat Januari 2021 sudah bisa melakukan pelelangan.

Laporan: Humas Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *