Suara Sah Paslon di Pilkada Kabupaten Kupang, Kemesraan 50.424 dan Gemoy 43.378

Oelamasi-InfoNTT.com,- Persaingan Pilkada Kabupaten Kupang mulai terlihat ketika para bakal calon kepala daerah mendaftar di KPU 27 hingga 29 Agustus lalu. KPU Kabupaten Kupang juga sudah merilis paslon yang sah mendaftar di KPU, yang mana ada lima paket yang akan diteliti berkasnya.

Dari kelima paslon tersebut, ada Korinus Masneno dan Jerry Manafe yang sebelumnya merupakan Bupati dan Wakil Bupati Kupang periode 2019-2024. Keduanya memilih berpisah dan kini bersaing menjadi orang nomor satu di Kabupaten Kupang dengan pasangan masing-masing.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga ada Ketua DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019 Yosef Lede yang memilih meninggalkan kursi DPRD NTT terpilih dab mengambil anak mantan Bupati Kupang dua periode untuk bertarung di Pilkada. Ada juga mantan Penjabat Bupati Malaka Dokter Messerassi Ataupah yang turut meramaikan Pilkada Kabupaten Kupang bersama Ketua Perindo Kabupaten Kupang Maria Nuban Saku.

Adapun paslon terakhir yang mendaftar di KPU Kabupaten Kupang adalah Melkisedek Eliaser Buraen dan Robby Manoh yang juga merupakan tokoh dari Amarasi dan Amfoang. Keduanya membuat peta persaingan semakin sengit dengan mengambil partai non seat sebagai kendaraan politik di Pilkada kali ini.

KPU Kabupaten Kupang juga mengeluarkan rilis dukungan suara dari partai pengusul kelima paslon. Yang mana suara sah partai hasil pileg menjadi acuan dalam menyusun strategi pemenangan tim masing-masing.

Rekapitulasi suara sah paslon saat pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati & Wakil Bupati Kupang Tahun 2024. Yang mana Korinus Masneno dan Selvester M. Banfatin dengan partai pendukung PDIP, PAN, dan PBB miliki jumlah suara sah 36.837.

Selanjutnya paslon Jerry Manafe dan Melianus Akulas dengan partai pendukung Hanura dan Golkar, memiliki jumlah suara sah 32.905. Sedangkan paslon Yosef Lede dan Ayrum O. Titu Eki, dengan partai pendukung Gerindra, PSI dan Gelora memiliki jumlah suara sah 43.378.

Adapun koalisi besar yakni paslon Messerassi B. Ataupah dan Maria Nuban Saku dengan partai pendukung Nasdem, PKB, Perindo, dan Demokrat memiliki jumlah suara sah 50.424. Terakhir ada paslon Melkisedek E. Buraen dan Robby G. J. Manoh dengan partai pendukung PPP, PKS, PKN dan Buruh, yang memiliki jumlah suara sah 18.790.

Dengan ini, secara hitungan suara sah hasil rekapitulasi KPU, maka Paslon Messerassi B. Ataupah dan Maria Nuban Saku menempati urutan pertama suara terbanyak, yang diikuti tempat kedua paslon Yosef Lede dan Ayrum O. Titu Eki, tempat ketiga Korinus Masneno dan Selvester M. Banfatin, posisi keempat Jerry Manafe dan Melianus Akulas.

Sedangkan tempat terakhir atau posisi kelima ditempati oleh pendaftar terakhir yakni Melkisedek E. Buraen dan Robby G. J. Manoh, yang hanya mendapatkan suara sah 18.790.

Namun acuan utama untuk menentukan kemenangan pada Pilkada bukan dari suara sah parpol hasil Pemilu. Namun ini hanya alat bantu bagi paslon dalam menyusun strategi bersama Partai koalisi dalam menentukan arah pergerakan pada Pilkada Kabupaten Kupang 2024.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *