Rakor dan Pembubaran Panitia HUT RI Ke-79 Tingkat Kecamatan Amarasi Selatan

Camat Amarasi hadiri Rakor dan pembubaran Panitia HUT RI Ke-79 Tingkat Kecamatan Amarasi Selatan.

Amarasi-InfoNTT.com,- Bertempat di Kantor Camat Amarasi Selatan, berlangsung rapat koordinasi bulanan para Kepala Desa dan Lurah bersama pimpinan unit lainnya di lingkup kecamatan Amarasi Selatan, Rabu (04/9) siang.

Rapat koordinasi ini membahas beberapa hal yang menjadi perhatian saat ini. Pertama, menyangkut perlindungan terhadap hutan Sismeni. Hutan Sismeni sebagai daerah penyangga air dan hutan pendidikan, sangat wajib hukumnya untuk dijaga.

Bacaan Lainnya

Hal ini berhubungan dengan kelestarian makhluk hidup di dalamnya, baik itu pepohonan maupun binatang liar yang menjadi penghuni hutan.

Demikian ditegaskan Camat Amarasi Selatan, Agustinus Abineno, S.E, ketika menyampaikan pesan penting kepada para kepala desa, lurah, para pimpinan unit pelaksana tugas daerah, unsur TNI dan Polri.

Pernyataan ini disampaikan oleh karena beberapa waktu ini ada perambah hutan yang menebang pohon dalam jumlah besar. Batang-batang pohon itu telah diambil dan diamankan di halaman kantor camat Amarasi Selatan.

Kedua, penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Kupang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang memasuki tahapan pendaftaran dan akan segera memasuki masa penetapan calon tetap hingga seterusnya mencapai klimaksnya pada saat pencoblosan.

Kepada aparatur sipil negara di Kecamatan Amarasi Selatan, Camat Amarasi Selatan mengingatkan aturan netralitas. Semua ASN sudah sangat sering diingatkan akan netralitasnya. Berhati-hatilah agar tidak terlibat secara langsung dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah, termasuk di Kabupaten Kupang ini.

Ketiga, para kepala desa, pimpinan dan anggota BPD yang ada di dalam tiga desa agar memperhatikan pola koordinasi agar tugas pokok dan fungsi dapat berjalan secara baik. Para kepala desa dan perangkatnya memperhatikan perwujudan program dengan anggaran yang jelas dan segera menyelesaikan pelaporannya, khususnya untuk tahap pertama pencairan.

Bila perwujudannya sudah nyaman dan clear diikuti pelaporan yang validasi dan akurasinya pasti, maka dipastikan akan lancar pada pencairan tahap kedua tahun anggaran ini.

Harap ini menjadi perhatian agar tidak disibukkan dengan pelaporan di akhir tahun ketika ada kesibukan dengan ladang dan hari besar keagamaan. Sementara para pimpinan dan anggota BPD, data diperlukan untuk pengukuhan kembali dalam kerangka perpanjangan masa tugas di dalam badan ini. Hal yang sama terjadi pada pengurus PKK.

Akhirnya, Camat Amarasi Selatan menutup rapat dengan menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah berlelah dalam rangka peringatan dan perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tingkat Kecamatan Amarasi Selatan.

Para pihak itu di antaranya, Komandan Radar Buraen, Kapolsek dan Kapospol, para Kepala Sekolah, Kepala Desa, Lurah, dan Panitia secara khusus. Terkhusus kepada perangkat pemerintah dan unsur kelembagaan di Kelurahan Buraen, salam hormat dan terima kasih.

Evaluasi panitia HUT Proklamasi RI ke-79 tingkat kecamatan Amarasi Selatan diakhiri dengan mendengarkan laporan panitia dan penyerahan piagam penghargaan kepada banyak pihak yang terlibat dalam pertandingan, perlombaan, dan pasukan pengibaran bendera; baik pelatih, guru pendamping dan peserta didik dari beberapa SMA/SMK di Kecamatan Amarasi Selatan.

Satu tradisi yang baik di Amarasi Selatan yakni pasukan pengibar bendera selalu dalam jumlah yang banyak. Pada upacara tahun ini formasi 79 diikuti 30 orang anggota paskibra. Semua anggota paskibra mendapat piagam penghargaan sebagai tanda terima kasih Pemerintah Kecamatan Amarasi Selatan. (*Roni Bani)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *