Penjabat Bupati Kupang Serahkan Sapi Kurban di Tesbatan dan Kelurahan Teunbaun 

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba saat menyerahkan bantuan hewan kurban di Masjid Agung Nurul Jihad, Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba menyerahkan dua ekor Sapi Bali di dua Masjid di Kabupaten Kupang. Bantuan tersebut dikhususkan bagi umat muslim yang merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi.

Penyerahan hewan kurban dari Pemerintah Kabupaten Kupang tersebut diawali dari Masjid Agung Nurul Jihad, Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Senin (17/6/2024) pagi.

Bacaan Lainnya

Pantauan media, penyerahan dilakukan setelah sholat Ied Idul Adha yang dipimpin oleh Imam Aba Muhamad Horsan yang bertemakan “Menjalankan ukhuwah dan syariat atau suri tauladan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, dengan mengikuti suri teladan dalam menjaga ketaatan terhadap Allah SAW.”

Usai penyerahan hewan kurban di Masjid Agung Nurul Jihad Tesbatan, Penjabat Bupati Kupang bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Amarasi Barat tepatnya di Masjid Babussalam Kelurahan Teunbaun.

Penjabat Bupati Alex Lumba dalam penyerahan tersebut mengungkapkan syukur dan limpah terima kasih kepada Allah karena atas pernyataannya dan ridhonya, sehingga Pemerintah Kabupaten Kupang dapat menyerahkan sapi kurban baik di Masjid Agung Nurul Jihad dan Masjid Babussalam.

Dikatakan Alexon bahwa perayaan Idul Adha ini terkandung dua nilai makna penting, yakni dari segi pembelajaran umat islam, yang saat itu Nabi Ibrahim As mengorbankan anaknya Nabi Ismail yang mana saat itu, Allah SAW menguji iman dari Nabi Ibrahim untuk mengorbankan anaknya dan Nabi Ibrahim bersedia untuk menyerahkan ananya kepada Allah SAW.

Selanjut Allah SAW sangat yakin bahwa Nabi Ibrahim adalah nabi yang bertaqwa kepada Allah SAW, sehingga korban itu diganti dengan seekor anak domba.

Makna kedua, perayaan kurban ini sebagai makna bahwa kita yang mampu harus memberikan sedikit berkat kepada saudara – saudari kita yang sedang merayakan Hari Raya Idul Adha ini.

“Kami pemerintah Kabupaten Kupang hadir untuk menyerahkan hewan kurban kepada umat muslim dan muslimat yang merayakan Idul Adha,” ungkap Alexon.

Alexon Lumba juga menyampaikan bahwa selain Pemerintah Kabupaten Kupang, Penjabat Gubernur NTT juga menyerahkan satu ekor sapi. Yang mana bantuan tersebut diserahkan bagi umat muslim di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat. (*KupangBerita.com)

Pos terkait