Penjabat Bupati Kupang Melakukan Kunjungan Kerja di Pulau Semau

Penjabat Bupati Kupang di Pulau Semau.

Semau-InfoNTT.com,– Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba, SH. M.Hum melakukan kunjungan kerja di dua kecamatan yang ada di Pulau Semau yakni Kecamatan Semau dan Kecamatan Semau Selatan, Rabu 26 Juni 2024.

Sesampainya di Dermaga Hansisi, Penjabat Bupati bersama rombongan disambut dengan Natoni dan pengalungan kain adat sebagai ucapan selamat datang dari Camat Semau Mathen Timate dan Camat Semau Selatan Nitanel N. S. Thene.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Pj. Bupati Alexon Lumba bersama rombongan bergerak ke Desa Huilelot tepatnya di Pantai Batuhopong untuk melihat langsung pertanian rumput laut, yang dilanjutkan dengan penanaman bawang merah di Desa Uitao, Dusun Sialain, sekaligus memantau pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Uitao.

Sebelum beranjak ke Kecamatan Semau Selatan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan home stay di Pantai Otan dan berdialog bersama para kades dan masyarakat di Kantor Desa Otan.

Alexon Lumba juga melakukan penanaman bawang merah di lokasi pertanian milik Kelompok Tani Kontema di Desa Akle, Kecamatan Semau Selatan. Juga melakukan sidak di Puskesmas Akle dan berdialog dengan masyarakat di Kantor Camat Semau Selatan.

Rangkaian kunjungan Penjabat Bupati kemudian ditutup dengan menghadiri sekaligus membuka Kemah Pemuda Remaja GPDI Klasis Semau Selatan di Gereja Elshadai di Desa Ui Tiuh Tuan.

Penjabat Bupati Kupang saat melakukan kunjungan kerja di Pulau Semau.

Penjabat Bupati Kupang Alexon menyatakan sangat bersyukur bisa hadir dan menjumpai masyarakat yang ada di Pulau Semau. Potensi yang ada di dua kecamatan ini jelasnnya sangat besar baik pertanian rumput laut, pertanian bawang, cabe, tomat hingga buah semangka.

“Saya harapkan masyarakat terus bersemangat berkerja dan meraih hidup yang lebih baik. Mengingat keuangan kita terbatas, apa yang bisa dikerjakan, mari kita kerjakan dulu, dan Pemerintah akan memberikan dukungan,” ungkapnya.

Terkait pengeluhan masyarakat mengenai penyakit rumput laut dan pengadaan bibit rumput laut, Alexon Lumba berjanji akan menyelesaikannya sesuai kemampuan daerah Kabupaten Kupang melalui dinas teknis terkait.

Alexon Lumba mengingatkan bahwa potensi bawang merah di Pulau Semau masih sangat besar, dan perlu dikerjalkan lebih maksimal oleh masyarakat, sehingga ia meminta masyrakat untuk lebih giat lagi meningkatkan pertanian bawang merah di Pulau Semau.

Saat melakukan pemantauan fasilitas kesehatan dan sarana prasarana di Puskesmas Uitao dan Puskesmas Akle, Penjabat Bupati berpesan agar semangat melayani harus disertai dengan ketulusan dan kesungguhan sehingga memberikan energi positif terhadap kesehatan masyarakat atau pasien yang dilayani.

Dirinya berpesan khusus kepada Kepala Puskesmas Uitao Hengra Simanjuntak dan Kepala Puskesmas Akle Benyamin Abang agar memperhatikan kedisplinas pegawai dan tenaga kesehatan di Puskesmas masing-masing, dan utamakan pelayanan kepada masyrakat yang harus ditingkatkan setiap waktu.

“Semau itu indah, saya apresiasi Pemerintah Desa Otan yang membangun home stay. Persiapkan sarana lainnya yang menunjang kebutuhan pengunjung saat menginap di sini,” pesannya.

Laporan: Prokopim

Pos terkait