Pemkab Kupang dan PT Timor Bio Energiy Kerjasama Kembangkan Emas Hijau

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba bersama Pimpinan PT. Timor Bio Energy Yusak Benu dan Kepala BP4D Kabupaten Kupang Juhardy Selan.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten Kupang menggandeng pihak ke-3 dalam hal ini PT. Timor Bio Energy, untuk mengembangkan program Emas Hijau, program baru Pemerintah Kabupaten Kupang dalam memberantas kemiskinan.

Penandatanganan nota kerjasama antar ke dua belah pihak tersebut, dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba, dan Pimpinan PT. Timor Bio Energy Yusak Benu, Jumat (28/9), di Kantor BP4D Kabupaten Kupang, Oelamasi, disaksikan langsung oleh penggagas Program Emas Hijau, Kepala BP4D Kabupaten Kupang Juhardy Selan.

Bacaan Lainnya

Alexon Lumba mengatakan, PT. Timor Bio Energy dipilih Pemerintah Kabupaten Kupang untuk bermitra mengembangkan Program Emas Hijau, karena PT. Timor Bio Energy sudah berpengalaman dalam pengembangan usaha di bidang energy terbarukan.

Namun lebih dari itu Alexon Lumba mengingatkan, Masyarakat Kabupaten Kupang haruslah yang diutamakan dalam pengembangan Program Emas Hijau, sehingga kesejahteraan masyarkat meningkat.

“Sosialiasi Program Emas Hijau ini harus terus ditingkatkan kepada masyarakat akan pentingya menanam pohon-pohon yang bernilai ekonomis tinggi sehingga pendapatan keluarga meningkat dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang adalah indicator utama pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga akan meningkat. Salah satu cara meningkatkan PDRB itu ya harus kita sama-sama mengembangkan Emas Hijau ini”, jelas Alexon Lumba.

Alexon Lumba juga berencana di bulan Oktober mendatang akan menginstruksikan para Pegawai dilingkup Pemerintah Kabupaten Kupang untuk menanam pohon-pohon produktif di kompleks Kantor Bupati Kupang, Oelamasi.

Diharapkan, hal tersebut akan menjadi percontohan bagi masyrakat untuk dapat pula mengembangkan Program Emas Hijau di rumah masing-masing.

Seamentara itu Yusak Benu mengatakan, program Emas Hijau ini bila dikebangkan secara maksimal sudah pasti akan memberikan tambahan penghasilan bagi masyrakat dalam jumlah yang cukup besar.

Dijelaskannya, menurut perhitungan, potensi penghasilan yang bisa didapat adalah Lima Ratus Ribu Rupiah per Ton akan didapat sekali panen, dan PT. Timor Bio Energy siap membeli hasil panen masyarakat, yaitu kayu kedondong hutan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPKAD Kabupaten Kupang Okto Tahik, Kepala Dinas PUPR Kabupten Kupang Teldy Sanam, dan Kasat Pol PP Kabupaten Kupang Richard Benu.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait