Jerry Manafe Minta Dinas Pertanian Gelar Pasar Pangan Murah di Desa 

Bupati Kupang dan Wakil Bupati Kupang saat melihat pangan murah yang digelar Dinas Pertanian Kabupaten Kupang di Civic Centre Oelamasi.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, S.H.,M.Th, selalu peduli dengan kondisi ekonomi masyarakat desa. Berbagai masukkan selalu disampaikan kepada OPD akan terus membantu rakyat.

Jerry Manafe kepada media di sela kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) oleh Pemerintah Kabupaten Kupang, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Jumat (05/4) di Civic Centre Oelamasi, mengatakan bahwa Kabupaten Kupang memiliki cakupan wilayah yang luas, maka dibutuhkan sentuhan Pemda dari semua aspek, baik aspek kebutuhan hidup, aspek administrasi dan juga aspek perhatian.

Bacaan Lainnya

“Pasar murah hari ini menyediakan aneka kebutuhan pokok, mulai beras, gula, minyak goreng, hingga produk sayur dan buah buahan serta produk holtikultura lainnya. Jika ini dilaksanakan di desa maka masyarakat yang akan mendapatkan dampak positif. Ini tugas dan tanggung jawab kita semua kedepan,” ungkapnya.

Jerry Manafe menjelaskan jika dilaksanakan di Civic Centre Oelamasi yang ada hanya wajah pencitraan. Masyarakat yang sebenarnya membutuhkan pangan Murah tidak tersentuh, salah satunya kebutuhan beras.

Bagi Jerry, semua pihak harus menerima tugas tanggung jawab yang Tuhan percayakan baik itu dari Kepala Dinas dan bawahannya harus mampu turun sampai desa-desa. Karena tanggung jawab terbesar sebagai pejabat adalah melayani. Pasar murah di desa akan menjadi jawaban bagi masyarakat yang akhir akhir ini kesulitan mendapatkan pangan murah terkhususnya beras.

Namun Wakil Bupati Kupang juga memuji kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian, yang mana pangan murah ini sudah dimulai. Tinggal menambah sedikit semangat untuk bergerak jalankan program ini ke desa.

“Di desa juga banyak inovasi yang harus dilirik secara serius oleh Pemda Kabupaten Kupang, contohnya di Desa Kairane. Kairane memiliki produk jagung susu yang kualitas dan rasanya sangat enak. Ini yang harus didukung penuh oleh Dinas Pertanian,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang Amin Juariah menanggapi usulan tersebut, mengatakan bahwa apa yang disampaikan Wakil Bupati Kupang sangat baik. Kedepan bila memungkinkan program ini menjadi bertahap, seperti digelarnya pasar mingguan baik di Oelamasi maupun di desa.

“Tentu usulan bapak Wakil Bupati Kupang diterima dan prosesnya bertahap untuk ada pasar mingguan atau semacamnya, tentunya kita membutuhkan beberapa sarana pendukung, sehingga petani ketika datang tempatnya sudah siap,” ujarnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait