Guru dan Pelajar SMAN 1 Amfoang Selatan Gelar Aksi Bersih Sampah di Padang Lelogama 

Hasil sampah yang dikumpulkan guru dan pelajar SMA Negeri 1 Amfoang Selatan.

Amfoang-InfoNTT.com,- Para pelajar SMA Negeri 1 Amfoang Selatan bersama para guru dan pegawai gelar aksi peduli lingkungan, Jumat 18 Januari 2024 di di lokasi wisata Padang Humon Lelogama.

Kepala SMA Negeri 1 Amfoang Selatan, Dedi Parikas, S.Pd.,M.M, yang dikonfirmasi media ini mengatakan aksi sosial dengan melakukan pungut sampah di sepanjang Padang Humon Lelogama ini diikuti oleh 335 orang, yang terdiri dari guru, pegawai dan peserta didik SMAN 1 Amfoang Selatan.

Bacaan Lainnya

“Aksi sosial ini dilaksanakan sesuai dengan salah satu program sekolah yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Selain itu juga kegiatan ini berkaitan dengan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum merdeka, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter dan budaya kebersihan lingkungan,” ujar Kepala Sekolah.

Dedi Parikas menambahkan, Padang Humon Lelogama sudah cukup viral bagi masyarakat Kabupaten Kupang dan sekitarnya, maka kegiatan pungut sampah ini bagian dari respon warga SMAN 1 Amfoang Selatan terkait isu pembuangan sampah sembarangan yang dilakukan oleh pengunjung (wisatawan) di lokasi wisata Padang Humon saat ini yang lagi viral di medsos.

Aksi terpuji ini berhasil mengumpulkan sampah satu mobil pick up. Sebagian besar sampah tersebut adalah sampah plastik dan dibuang di tempat sampah pasar Lelogama (lokasi Padang humon Lelogama).

Selain aksi pungut sampah, dilakukan juga pemasangan papan di 8 titik dengan berbagai macam tulisan seperti “Jagalah kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan”

“aksi bersih-bersih ini untuk membangun kesadaran bersama peduli kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih sampah plastik yang tidak bisa terurai. Tempat wisata Padang Humon Lelogama harus bersih supaya indah dan wisatawan betah,” kata Dedi.

Dirinya mengajak semua yang berkunjung ke Padang Humon Lelogama untuk selalu budayakan peduli sampah, jangan dibuang sembarangan. Terutama untuk para pelajar SD, SMP dan SMA. Tentu aksi bersih-bersih sampah ini menunjukkan kepada para wisatawan bahwa warga Amfoang Selatan khusus pelajar SMA Negeri 1 Amfoang Selatan peduli kebersihan. Sehingga diharapkan wisatawan tidak seenaknya membuang sampah sembarangan.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait