Emas Hijau Sebagai Inovasi Pemkab Kupang Atasi Kemiskinan Ekstrem 

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten Kupang dibawah kepemimpinan Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba terus berupaya mengentaskan kemiskinan ekstrim.

Upaya yang dilakukan melalui pelaksanaan program program pro-rakyat yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Program yang ada tentunya didukung dengan anggaran yang tetap bertumpu pada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, beragam terobosan dilakukan salah satunya lewat inovasi emas hijau yang disampaikan Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Kupang, bertempat di Kantor Bupati, Selasa (24/9/2024).

Dalam sambutannya, Pj.Bupati Kupang Alexon Lumba yang didampingi Plt.Sekda Novita Foenay, Asisten 2 Mesak Elfeto, Plt.As 1 Pieter Charles Sabaneno mengatakan, pentingnya membangun kolaborasi dan sinergitas bersama dalam penanggulangan kemiskinan, melalui gerakan bersama lintas sektor, dalam mendukung tercapainya target penghapusan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024.

Dikatakannya, salah satu inovasi terbaru dalam penanggulangan kemiskinan adalah pemanfaatan emas hijau yang merupakan sebuah inovasi untuk meningkatkan PDRB Perkapita masyarakat Kabupaten Kupang, dengan melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk mengembangkan usaha pengelolaan serpihan kayu pohon kedondong hutan/jantan (Lannea Coromandelica) oleh masyarakat.

“Upaya strategis tersebut diharapkan dapat menjamin adanya pihak buyer yang akan menampung seluruh produksi batang kayu dari pohon kedondong hutan/jantan yang dihasilkan masyarakat dan terjaminnya sustainability produksi kayu tersebut,” harap dia.

Di kesempatan itu, Alexon menyebutkan jumlah penduduk miskin berdasarkan data tahun 2023 sebanyak 90,230 jiwa atau 21,78% dari total penduduk tahun 2023 sebanyak 376.837. Jumlah penduduk miskin ekstrem sebanyak 8.640 jiwa atau 2.09% dari kondisi tahun 2022 yang berjumlah 24.280 jiwa atau 5.98%.

Untuk itu, Pemkab Kupang berkomitmen melaksanakan tiga pilar yaitu mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengeliminir kantong-kantong kemiskinan.

“Teknisnya kami lakukan melalui 47 program, 56 kegiatan dan 166 sub kegiatan dengan total anggaran Rp.274.578.596.058,” katanya.

Alexon menjelaskan, Kabupaten Kupang telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem melalui program unggulan di sektor pertanian, peternakan, perikanan dan sektor potensial lainnya untuk menguatkan kapasitas ekonomi masyarakat secara masif dan terstruktur di tahun 2024 ini.

Ia menambahkan, langkah-langkah strategis segenap pihak terkait, sesuai tugas, fungsi dan kewenangan, melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan dengan memastikan ketepatan sasaran dan integrasi program serta kolaborasi multisektor di seluruh wilayah miskin.

“Mengingat kemampuan anggaran kita terbatas dan tidak memungkinkan seluruh program dapat dijalankan secara bersamaan, maka keterlibatan pihak swasta sangat potensial, seperti melalui program corporate social responsibility (CSR) terutama dalam penanganan dan penghapusan kemiskinan,” ujar Alexon

Selanjutnya, Kepala BP4D Juhardi D. Selan memaparkan materi penanggulangan kemiskinan dan inovasi pemanfaatan serpihan kayu (Emas Hijau).

Juhardi mengatakan, memaparkan program/kegiatan yang erat kaitannya dengan penanggulangan kemiskinan.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan pernyataan Komitmen Bersama, upaya peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita masyarakat Kabupaten Kupang melalui pengembangan usaha pengelolaan serpihan kayu (Emas Hijau).

Laporan: Prokopim 

Pos terkait