Elektabilitas Yosef Lede Melambung Tinggi Sebagai Balon Bupati Kupang Pasca Pileg 

Yosef Lede, kader Partai Gerindra dan juga Anggota DPRD NTT terpilih periode 2024-2029.

Kupang-InfoNTT.com,- Elektabilitas kader muda Partai Gerindra, Yosef Lede miliki kans besar dan dinilai bisa memenangi Pilkada Kabupaten Kupang Tahun 2024 ini. Yosef Lede punya peluang yang sama dengan sang Petahana Korinus Masneno dan juga Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Survei internal yang dibuat oleh beberapa komunitas Pemuda Kabupaten Kupang, menempatkan nama Ketua KNPI Kabupaten Kupang tersebut pada puncak suara tertinggi. Hal ini dikarenakan Yisef Lede baru saja mendapatkan suara tertinggi pada Dapil 2 DPRD Provinsi NTT dengan raihan 13 ribu suara.

Bacaan Lainnya

Pengamat Politik Universitas Nusa Cendana Kupang, Yeftha Yerianto Sabaat, S.IP.,M.IP, kepada media ini (06/3) mengatakan bahwa Yosef Lede merupakan representasi pemuda dalam kancah politik NTT terkhususnya Kabupaten Kupang. Tentu dengan basis suara dan massa yang kuat, dirinya punya peluang besar untuk maju dalam konstelasi Pilkada Kabupaten Kupang.

Yeftha Yerianto Sabaat bahkan secara tegas memastikan peluang menang di depan mata jika Yosef Lede benar-benar ingin maju sebagai Balon Bupati Kupang. Peningkatan elektabilitas sebagai calon kepala daerah secara signifikan hanya dalam kurun dua bulan secara teori sulit dilakukan, namun hal ini sudah dibuktikan oleh Yosef Lede.

“Beliau (Yosef Lede) punya pengalaman legislatif yang cukup baik, mukai sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kupang hingga pernah memimpin DPRD pada periode 2024-2019. Tahun ini maju sebagai calon DPRD Provinsi NTT raih suara cukup signifikan yakni 13 ribu lebih. Artinya secara pengalaman kakanda Yosef Lede sudah tidak diragukan lagi. Kalau maju saya yakin poros muda akan secara sukarela bekerja guna memenangkan beliau,” ungkapnya.

Yeftha Sabaat juga menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki elektabilitas tinggi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tentu bukan hal mudah, apalagi bersanding dengan para petahana seperti Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Menurut Yeftha, buah dari kerja keras, kerja jujur melayani masyarakat kini perlahan memetik hasil. Menjadi politisi muda yang punya nama besar di menit akhir menjelang Pilkada tentu bukan hal gampang. Berjalan dan berjuang tanpa kenal lelah, bahkan selalu memang pada setiap konstelasi politik yang diikuti, menjadi pertimbangan tersendiri.

“Tentu apa yang saat ini diperoleh sudah menjadi jawaban bagi perjalanan panjang perjuangan kakanda Yosef Lede. Suara kebanyakan datang dari lumbung Kabupaten Kupang. Ini jadi catatan penting jika kemudian memilih untuk maju bertarung pada Pilkada nanti. Walaupun hasil perolehan suara juga masih perlu bekerja menggaet suara di daerah lain,” jelasnya.

Sekretaris KNPI Kabupaten Kupang ini menambahkan bahwa pengaruh sosok Yosef Lede di beberapa kecamatan di Kabupaten Kupang sangat tinggi, seperti Nekamese, Kupang Timur dan Takari. Artinya bahwa peran Yosef Lede bagi Gerindra juga cukup besar, tidak akan heran jika kemudian Gerindra mengusulkan Yosef Lede sebagai Balon Bupati Kupang periode 2024-2029.

“Gerindra kali pasti punya banyak pilihan, salah satunya kakanda Yosef Lede. Saya yakin Gerindra akan memilih kader yang tepat dan bergeraknya mesin politik yang tidak main-main. Popularitas kanda Yosef Lede di mata masyarakat Kabupaten Kupang saat ini semakin tinggi dan dipercaya sebagai figur yang dekat dengan masyarakat dan mampu membawa banyak perubahan di masyarakat walaupun dari kursi legislatif,” ujar Yeftha.

Selain itu, Yosef Lede juga sebagai Ketua KNPI Kabupaten Kupang mampu merangkul anak muda dan menarik suara anak muda pada pemilu 2024 ini. Solidnya tim kerja dan relawan bermuara pada tingginya elektabilitas sebagai calon kepala daerah.

“Pada intinya jika maju bertarung maka akan menjadi lawan yang diperhitungkan. Jika lawan salah mengatur strategi dan kekuatan maka kakanda Yosef Lede bisa memenangkan pertarungan. Apalagi hadirnya kakanda Yosef Lede bisa menjadi alternatif pilihan bagi kaum muda yang ingin merasakan atmosfer berbeda pada Pilkada Kabupaten Kupang kali ini. Penentuan kemenangan ada di tangan anak muda. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi pasca selesai masa jabatan dari Korinus Masneno dan Jerry Manafe,” tandasnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait