CV. Tonsa Daya Telah Lakukan Uji Properties Material Proyek Jalan Oebesi-Pakubaun

Surat dari Politeknik Negeri Kupang perihal hasil uji lab material CV. Tonsa Daya untuk proyek jalan Oebesi-Pakubaun.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemkab Kupang melalui Dinas PUPR Kabupaten Kupang menjelaskan terkait ruas jalan Oebesi-Pakubaun yang sedang dikerjakan oleh CV. Tonsa Daya.

Kepada media ini, Senin (19/8) sore, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Teldy Sanam menjelaskan bahwa benar adanya proyek tersebut dikerjakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Kupang, namun anggaran bersumber dari Kementerian Desa yakni melalui DAK Transdes.

Bacaan Lainnya

“Jadi karena dananya Kementerian lewat DAK Transdes maka bahunya memang pakai urpil atau urugan pilihannya ya sirtu. Kalau hotmix maka bahu jalan akan dipasangkan rabat. Namun karena lapen maka hanya pakai sirtu,” ungkapnya.

Menurut Teldy, pihaknya sangat terbantu dengan masih adanya pengalokasian DAK dari pusat untuk pembangunan infrastruktur/pemeliharaan jalan Kabupaten Kupang.

Teldy juga menambahkan, terkait dengan pengujian properties material dan job mix design, sudah dilaksanakan oleh CV. Tonsa Daya melalui Surat Nomor: 07/CV.TD/V/2024, tanggal 07 Mei 2024 perihal Permohonan Pengetesan Materil dan Job Mix Design kepada Politeknik Negeri Kupang.

“Uji material di laboratorium Pengujian bahan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Kupang, yaitu berupa material agregat B tercampur ex. sama jaya dan sirtu Ex. gasil galian,” ungkapnya.

Teldy juga menegaskan, Dinas PUPR Kabupaten Kupang akan terus memaksimalkan pemanfaatan DAK untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kupang. Hal ini agar pada tahun berikutnya, Pemerintah Kabupaten Kupang bisa mendapat alokasi dana kembali.

“Namun sebaliknya, jika alokasi yang sudah disediakan tidak dimanfaatkan secara maksimal, bisa-bisa tahun depan alokasi DAK-nya dipangkas,” tandasnya.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait