Alexon Lumba Sampaikan 8 Indikator Layanan Esensial PAUD HI

Oelamasi-InfoNTT.com,- Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba, membuka Rapat Penyusunan Rencana Aksi Daerah Paud HI Kabupaten Kupang Tahun 2024, Jumat (27/9) di aula kantor BP4D Kabupaten Kupang, Oelamasi.

Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integrati atau disingkat PAUD HI, terlaksana di Kabupaten Kupang berkat kerjasama antar Pemerintah Kabupaten Kupang dan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini pada Kemeterian Pendidikan RI.

Bacaan Lainnya

Alexon Lumba dalam sambutannya saat membuka rapat tersebut mengatakan, PAUD HI merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. Oleh Karena itu program PAUD HI mendorong kerjasama lintas sektor, mulai dari tingkat kemeterian hingga pemerintah daerah untuk menyukseskannya.

Pemerintah Kabupaten Kupang sendiri menurut Alexon Lumba, mengajak serta dan memberdayakan Bunda PAUD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, dan Orgnasisi Mitra, untuk bersama-sama meningkatkan kapaasitas lembaga PAUD, sebagai satu unit yang menyediakan layanan PAUD HI.

“Saat ini masih terjadi miskonsepsi tentang konsep PAUD HI ini, PAUD HI dimaknai sebagai unit baru bukan sebagai upaya peningkatan kualitas lembaga PAUD. Padahal seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Kupang diharapkan menyediakan pelayanan PAUD HI secara mandiri, melalui kemitraan dan dukungan berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan organisasi mitra pembangunan lainnya”, ujar Alexon Lumba.

Ditambahkan Alexon Lumba, ada delapan indicator layanan esensial PAUD HI yang harus dimiliki di setiap lembaga PAUD yaitu kelas orang tua, pemantauan pemeriksaan kesehatan anak, pemantauan perkambangan anak, koordinasi dengan berbagai unit terkait pemenuhan gizi dan kesehatan, penerapan perilaku hidup bersih sehat, pemberian makanan tambahan bergizi, kepemilikan identitas, dan ketersediaan fasilitas sanitasi dan air bersih.

Selain itu dilanjutkan Alexon Lumba, layanan lainnya seperti lingkungan yang menyediakan makanan sehat melalui kantin sehat, kebun sehat dan lain sebagainya, perlu terintegrasi dengan program pelayanan kesehatan dan gizi.

“Penerapan program PAUD HI adalah bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Kupang serius memberikan dukungan terhadap dunia pendidikan anak usia dini, dan stimulant telah diberikan kepada seratus lembaga PAUD yang tersebar di Kabupaten Kupang untuk mendorong pengambangan program PAUD HI ini”, tutup Alexon Lumba.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BP4D Kabupaten Kupang juhardy Selan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang Eliazer Teuf, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang Amin Juriah, dan beberapa LSM pendamping program PAUD HI di Kabupaten Kupang.

Laporan: Prokopim 

Pos terkait