Tak Kenal Lelah, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Pantau Angka Stunting di Desa Oenaek

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan masyarakat desa Oenaek Kupang Barat, foto: Chris Bani

 

Kupang-InfoNTT.com,– Sepertinya Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, S.H.,M.Th, tidak pernah mengenal lelah melayani masyarakat Kabupaten Kupang. Setiap hari selalu berkunjung ke masyarakat dan melihat secara dekat kondisi di lapangan.

Bacaan Lainnya

Usai penutupan turnamen sepak bola di Amfoang Barat Laut, Jerry Manafe melanjutkan tugas dengan mengunjungi Posyandu Oeli’i Rote di Desa Oenaek, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang untuk memantau perkembangan penananganan anak stunting, Senin (17/7/2023) pagi.

“Terima kasih kepada pemerintah Desa Oenaek karena mampu menekan angka stunting, sehingga jumlah stunting di Oenaek yang paling rendah di Kecamatan Kupang Barat. Kiranya dana desa harus terus dimanfaatkan 20% nya untuk PMT stunting. Di desa Oenaek ada 9 anak stunting dan 3 anak stunting di Posyandu Oeli’i Rote,” ujarnya kepada masyarakat yang hadir.

Dirinya melihat, masalah penanganan stunting di Desa Oenaek sudah sangat baik, dari desa juga sudah beri insentif 300 ribu tiap bulannya kepada tenaga medis. Ia menyakini, pada penimbangan bulan Agustus mendatang, stunting di Desa Oenaek bisa menurun.

“Terimakasih kepada Kades dan seluruh pihak terkait, karena lewat pemberian makanan tambahan setiap pagi dan siang selama 5 hari dalam waktu 3 bulan ini, tidak terputus. Semoga berlanjut lagi hingga bulan September”, ujar Ketua Tim Penanganan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kupang Jerry Manafe.

Jerry Manafe juga berpesan kepada pemerintah desa dan masyarakat Desa Oenaek agar menjaga angka stunting di Desa Oenaek tidak meningkat, tetapi sebaliknya harus diturunkan.

Seperti pada kunjungan-kunjungan lainnya di posyandu, Wakil Bupati Kupang, Jerry  Manafe berinteraksi secara aktif dengan para kader posyandu, tenaga kesehatan dan masyarakat setempat untuk memastikan pengetahuan mereka tentang stunting, yang menurutnya harus ditingkatkan sebagai syarat utama menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang.

Dia mengatakan bahwa ini merupakan kewajibannya sebagai Ketua TPPS Kabupaten Kupang untuk selalu turun ke masyarakat hingga ke posyandu untuk memantau progres penurunan angka stunting di Kabupaten Kupang.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kupang, terkhusus di Desa Oenaek, yang mana, dari seluruh desa di Kupang Barat, Desa Oenaek merupakan desa yang angka stuntingnya paling rendah, semoga dalam waktu dekat bisa hilang total.

Dalam kesempatan tersebut Jerry Manafe juga meminta masyarakat Kabupaten Kupang untuk memperhatikan takaran gizi pada makanan. Karena dengan konsumsi makanan bergizi secara seimbang juga akan menurunkan stunting dengan cepat.

Kepala Desa Oenaek, Herman Lani, saat diwawancarai usai kegiatan mengatakan bahwa Desa Oenaek memiliki 2 posyandu dengan jumlah anak stunting 9 orang dan terkhusus di Posyandu ini ada 3 orang anak stunting.

Ia memastikan bahwa Pemerintah Desa Oenaek juga terus berupaya agar angka stunting menurun, dengan kerja keras bersama pihak terkait terkhusus para orang tua, dengan pemberian PMT, tambak lele, dan kebun gizi bagi anak stunting, stunting. Harapannya tahun ini angka stunting bisa turun hingga 80 persen.

Kunjungan Wakil Bupati Kupang ini juga dihadiri oleh Wakapolsek Batakte Ipda Nahum Adiyano Sina, Kepala Puskesmas Batakte Masri Ndun, Kepala Desa Oenaek bersama jajaran dan para tenaga kesehatan bersama para kader, pendeta setempat, tokoh masyarakat dan anak stunting beserta orangtua.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *