PPL Adalah Napas Kehidupan Petani di Kabupaten Kupang 

Oelamasi-InfoNTT.com,- Penyuluh adalah garda terdepan dalam membangun Pertanian di Kabupaten Kupang. Peran penyuluh dalam mensukseskan kegiatan pertanian sangat penting dan jadi nafas petani di Kabupaten Kupang.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Kupang, Korinus Masneno saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Kupang, Kamis (5/1/2023) di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Mengawali sambutannya, Bupati Kupang beri apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Amin Juariah bersama para koordinator PPL atas kerja kerasnya membantu Pemda dan masyarakat dalam bidang pertanian.

Diakui Bupati Masneno bahwa PPL adalah napas kehidupan dari para petani. Tanpa penyuluh, petani bisa salah jalan, baik dalam menerapkan teknologi pertanian, salah dalam pilihan bibit yang tepat maupun semua hal teknis pertanian lainnya.

Selain itu, Bupati juga memberi motivasi kepada PPL untuk memperkuat diri sebelum memperkuat orang lain. PPL harus didorong untuk menjadi kuat. Jika PPL kuat maka petani dan Bupati pun juga kuat.

“Sukses kalian, suksesnya saya, Kadis dan petani. Gagal kalian adalah gagalnya saya, Kadis juga petani. Mata terdepan pemkab kupang dalam membangun pertanian ada di tenaga PPL. Bekerjalah dengan kesungguhan hati. Dorong petani jadi lebih baik,”kata Bupati Masneno.

Tak hanya itu, Bupati meminta PPL agar lebih banyak mendorong petani-petani muda atau petani-petani milenial buat eksperimen mulai dari menanam sampai saatnya memanen.

Dalam rakor ini juga, menghadirkan para petani berprestasi dalam bidang pertanian. Dan kepada mereka diberikan penghargaan oleh Bupati Kupang. Salah satu diantaranya adalah Gestianus Sino asal Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah.

Gestianus saat ditemui usai kegiatan mengakui, bahwa dirinya bahkan pernah diundang Metro TV dalam program acara Kick Andy. Ia juga dipercayakan sebagai Ketua Koordinator wilayah untuk Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian di Provinsi NTT.

Bagi dia, tugasnya petani milenial adalah bergerak cepat dan maju dimanapun berada. Bagi dia, prestasi itu hanya pintu masuk untuk lebih baik lagi, paling penting bagaimana kita konsisten jadi petani dan beri motivasi kepada teman-teman untuk kemajuan pertanian.

Laporan: Prokopim Setda Kab. Kupang 

Pos terkait