Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu’allafin  Tainbira Gelar Kegiatan Menyambut Hari Santri 2023

Panitia dan Keluarga Besar Pondok Pasantren Tarbiyatul Mu'allafin Tainbira bersama Kepala Pendis serta Pengawas Kementerian Agama Kabupaten Kupang.

Amarasi-InfoNTT.com,- Hari Santri 2023 akan diperingati pada 22 Oktober mendatang. Namun rangkaian kegiatannya sudah dimulai dari sekarang. Salah satu yang melaksanakan kegiatan yakni Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, NTT.

Acara pembukaan Hari Santri Nasional 2023 Tingkat Pondok Pesantren Tarbiyatul  Mu’allafin Tainbira pada Kamis 13 Oktober dan akan berakhir pada 15 Oktober 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Santri Menjadi Perekat Persatuan Bangsa” dan sub tema “Santri Cerdas Berakhlakul Karimah Sebagai Pilar Pendidikan Berkualitas dan Beradab”.

Acara hari pertama ini diawali dengan pawai atau defile drumband Madrasah Ibtiyah Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira mulai dari Tugu Tesbatan sampai halaman Pondok Pasantren Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira.

Selanjutnya pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh seorang anak Assyafsrill Arfan Surung dan Saritilawah oleh anak Rasti Nafisya. Kemudian menyanyikan Sholawat Badar oleh Santriawan dan Santriawati Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira yang dipimpin oleh Fauziah Saokori, S.Pd.I., dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Hari Santri.

Sebelum masuk sambutan, diawali dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana kegiatan  peringatan dan Perayaan Hari Santri Nasional Tingkat Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira Maryam  Horsan, S.Pd.

Hadir dalam acara pembukaan ini Kepala MI Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira, Hadi Bin Ali Beladjam, S.Pd.I, Kepala Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira, Ustad Ahmad Horsan, S.Ag, Kepala Desa Tesbatan, Hamama Horsan, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kabupaten Kupang, Samsudin  Ridwan,  S.Ag.,MPd.

Turut hadir juga Pengawas Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Kupang, Yusuf, S.Ag.,M.HI, Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Kupang, Samhudi, S.Pd.,M.Pd, Imam Masjid Nurul Jihad Tainbira, Muhammad Horsan, para orang tua, tokoh masyarakat, tokoh agama, Jamaah Muslim Tesbatan dan Santriawan Santriawati Pondok Pesantren Tarbiyatul Mu’allafin Tainbira.

Perlombaan yang digelar yakni sholat sendiri putra, sholat berjamaah, sholat sendiri dan sholat mayat, Hifzil plus doa sehari-hari, pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, Azan beserta doanya, Iqomah, cerdas cermat, olahraga kreasi kelas. Ada juga hiburan berupa gigit sendok, makan kerupuk, lari karung dan sepak bola antar kelas.

Acara pembukaan ini kemudian diakhiri dengan doa bersama dan dilanjutkan ramah tama.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait