Kapolsek Amarasi Sosialisasi Bahaya TPPO dan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Pelajar SMA

Kapolsek Amarasi foto bersama usai sosialisasi bahaya TPPO dan penyalahgunaan Narkoba bagi pelajar SMA

Amarasi-InfoNTT.com,- Kapolsek Amarasi Ipda Thomas M. W. Radiena, SH.,MH, melaksanakan sosialisasi bahaya TPPO dan penyalahgunaan narkoba kepada siswa-siswi baru tahun anggaran 2023/2024, Sabtu (15/7/2023) di SMA Negeri 1 Amarasi.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Amarasi menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba bukan saja di kalangan orang dewasa tetapi saat ini sangat pasar potensial peredaran narkoba adalah terhadap anak-anak usia sekolah.

Bacaan Lainnya

Untuk itu diharapkan kepada seluruh siswa tidak mencoba menggunakan narkoba apalagi mengedarkan narkoba karena selain merusak kesehatan dan masa depan tetapi juga ancaman hukumannya sangat berat bahkan sampai hukuman mati.

Selain bahaya penyalahgunaan narkoba, Kapolsek Amarasi juga menyampaikan tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), di mana hubungan sosial masyarakat cenderung menggunakan media sosial di segala kalangan usia termasuk anak usia sekolah. Hal ini rentan disalahgunakan sebagai media atau sarana terjadinya TPPO terutama pada kelompok rentan (perempuan dan anak).

Ia menambahkan, di NTT, tercatat adanya beberapa kasus TPPO yang terjadi yang dimulai dari penggunaan media sosial yang awalnya hanya berkenalan dan berteman di dunia maya kemudian berujung pada jerat TPPO. Modus perekrutan yang ada yang dengan cara bujuk rayu, hal itu dilakukan pelaku dengan remaja-remaja yang biasanya ditawari kemewahan dan uang.

Selain itu, ada juga dengan cara penawaran pekerjaan di luar kota/negeri dengan gaji yang besar. Bahkan ada kasus di mana ada teman yang baru dikenal di facebook menjadikan si anak itu sebagai korban dengan mengajak berjumpa terlebih dahulu.

Kapolsek Amarasi menghimbau kepada siswa SMA Negeri 1 Amarai jika mendengar, mengetahui ataupun mengalami TPPO agar dapat melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Camat Amarasi, Maher Ora yang juga hadir menyampaikan kepada seluruh siswa untuk tidak mengkonsumsi miras maupun melakukan pergaulan bebas tetapi fokus terhadap pendidikan demi masa depan yang lebih baik.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Camat Amarasi, Kapolsek Amarasi, Kepala Desa Kotabes, Kepala SMA Negeri 1 Amarasi beserta dewan guru dan para siswa.

Laporan: Tim Polsek Amarasi 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *