Hasbi Pasolo Bawakan Materi Bagi Calon Advokat Baru DPD KAI NTT

Hasbi Pasolo,SH.,M.H.

InfoNTT.com,- Pada hari jumat, 20 Oktober 2023 yang lalu bertempat di Hotel Harper pukul 14.30 sampai 16.00 Wita Hasbi Pasolo,SH.,M.H. di daulat oleh DPD kongres advokad Indonesia (KAI ) Provinsi NTT untuk memberikan pembekalan dan sekaligus menyampaikan materi tentang sistem peradilan militer kepada calon Advokad baru.

Sebagai seorang Militer juga sebagai seorang Dosen hukum di tiga universitas swasta di Kupang, Hasbi membagi pengalamannya sebagai praktisi hukum dan sebagai dosen hukum.

Bacaan Lainnya

Hasbi menjelaskan kepada calon advokad baru bagaimana cara bersidang di lingkungan militer sesuai dengan hukum acara militer sebagaimana diatur dalam UU nomor 31 tahun 1997 tentang peradilan militer.

Kehadirannya di tengah calon advokat muda KAI NTT guna memberikan materi dan gambaran umum tentang tata cara beracara di pengadilan dalam lingkup Peradilan Militer.

Dalam penyampaian materinya tentang proses penanganan perkara pada pengadilan militer Hasbi menyampaikan gambaran dan kewenangan Lingkup Peradilan militer yang terdiri dari pengadilan militer, pengadilan militer tinggi, pengadilan militer Utama dan pengadilan militer pertempuran

Hasbi menjelaskan bahwa Peradilan militer adalah lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung yang melaksanakan kekuasaan kehakiman mengenai kejahatan-kejahatan yang berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan oleh militer.

Ditambahkannya Peradilan Militer meliputi: pengadilan Militer yang berwenang mengadili prajurit militer untuk tingkat Kapten ke bawah Pengadilan Militer Tinggi berwenang mengadili prajurit militer untuk tingkat Mayor ke atas Pengadilan Militer Utama untuk banding dari Pengadilan Militer Tinggi, Pengadilan Militer Pertempuran khusus di medan pertempuran sifatnya bergerak mengikuti pasukan.

Sebagai seorang militer yang masih aktif yg berdinas di pengadilan militer III-15 Kupang sosok anggota militer ini sekaligus sebagai akademisi hukum tentunya cukup dikenal dikalangan Masyarakat kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepiawaiannya membagi waktu antara tugas sebagai seorang militer dan juga sebagai seorang akademisi telah memberikan manfaat yang luar biasa dalam memberikan sumbangsih pemikirannya dalam dunia hukum tetapi yang terpenting tentunya adalah memberikan contoh dan tauladan kepada rekan militer yang lain.

Menurut hasbi anggota militer mempunyai tugas dan kewenangan yang berbeda dengan masyarakat sipil sehingga harus di bekali dengan aturan hukum yang tegas dan terarah untuk mendukung tugas pokoknya.

kehadiran Hasbi di tengah kongres advokad Indonesia selain memberikan materi untuk membekali para advokat muda tentunya juga menjadi motivator bagi anggota militer lainnya untuk terus belajar memahami esensi hukum yang sebenarnya. Karena profesionalisme prajurit dalam pelaksanaan tugas adalah bagaimana prajurit mentaati dan menjunjung tinggi hukum sebagai panglima.

Pelaksanaan tugas pokok TNI berlandaskan hukum dan UU sehingga bila anggota tni memahami hukum tentunya angka pelanggaran akan sedikit berkurang yang berdampak positif bagi tni khususnya TNI AD.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *