Desa Soliu Tercepat Pelaporan Keuangan dan Penyusunan APBDes 2023 di Kabupaten Kupang

Amfoang-InfoNTT.com,- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kupang mengapresiasi kerja cepat dari tim dan juga Pemerintah Desa Soliu, Kecamatan Amfoang Barat Laut, yang berhasil menjadi yang tercepat dalam pelaporan keuangan desa dan penyelesaian (posting) APBDes 2023.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, Charles Panie, kepada media ini (02/2) mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa Soliu bersama jajaran dan masyarakatnya tentu patut diancungi jempol. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi desa desa lain di Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

“Desa Soliu hebat. Tapi menjadi pertanyaan saya, di mana desa yang lain. Ini sudah masuk bulan Februari 2023 tapi baru Desa Soliu yang berhasil. Tentu kerja keras ini wajar untuk diapresiasi,” ujar Charles.

Sedangkan Markus Akulas selaku Kepala Desa Soliu, kepada media (02/2) mengatakan, Desa Soliu adalah salah satu desa yang ikut dalam program SUKA LISA (Satu Kabupaten Lima Desa) yang direkomendasi oleh Dinas PMD Kabupaten Kupang, untuk percepatan penyusunan APBDes 2023 dan percepatan penyaluran dana desa.

Ia menambahkan, program tersebut digagas oleh KPPN Provinsi NTT. Ada kurang lebih 200 desa yang ikut hingga tanggal 31 Januari berdasarkan hasil evaluasi KPPN NTT, dan sekitar 182 desa berhasil posting APBDes.

“Dari data 182 desa itu, Kabupaten Kupang ada satu desa yakni Desa Soliu yang berhasil posting di bulan Januari. Artinya kami yang paling pertama posting anggaran di bulan Januari 2023,” ucapnya.

Dirinya juga mengedepankan transparansi dalam pengelolaan keuangan dana desa, dengan harapan agar ada kemajuan signifikan dalam penggunaan anggaran dana desa bagi kebutuhan masyarakat Desa Soliu.

Laporan: Chris Bani 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *