Wakil Bupati Kupang Buka Rakor Penyusunan Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan

Oelamasi-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, SH.,M.Th, resmi membuka rapat koordinasi  Penyusunan Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Daerah di Kabupaten Kupang Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Kupang, Kamis 16 Desember 2021 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Kupang para pimpinan terkait yaitu Kepala Dinas Perikanan Jackson Baok, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Imanuel Buan, BP2KBP3A Yesay Lanus, Kepala BP4D Marthen Rahakbauw dan para peserta rakoor.

Bacaan Lainnya

Kepala BP4D Marthen Rahakbauw menjelaskan, maksud dan tujuan mengikuti rakoor ini adalah untuk menyusun pelaksanaan penanggulangan kemiskinan daerah di Kabupaten Kupang dengan melakukan pertemuan tiga kali dalam setahun. Regulasi ini merupakan bagian yang harus dipertanggungjawabkan karena merupakan amanat dari Permendagri.

Rahakbauw melanjutkan, kegiatan ini juga dalam rangka mendapatkan data-data dan informasi yang akurat dari para OPD terkait tentang program-program yang sudah dilaksanakan terkait dengan penanggulangan kemiskinan di daerah dan untuk mempertajam substansi penyusunan laporan di Kabupaten Kupang agar kedepannya jauh lebih baik.

Dalam rapat tersebut Jerry Manafe menegaskan, bahwa ini merupakan rapat koordinasi dalam masalah kemiskinan. Masalah kemiskinan merupakan salah satu hal yang harus memiliki data akurat agar bisa disampaikan secara akurat.

“Kita di sini untuk mencari substansi yang hakiki dalam permasalahan data ini. Apalagi masalah stunting saat ini diambil alih oleh D2KBP3A. Terkait masalah tentang dasar hukum dan pelaksanaan, target sasaran dan penerima manfaat serta besar anggaran, PMD jangan hanya melihat laporan dan pencairan tetapi bukti laporan dari desa ada atau tidak. Buat tim internal dalam penanggulangan kemiskinan mengenai dana APBN/APBD atau bantuan luar negeri agar bisa dikoreksi lagi oleh BAPPEDA”, ujar Manafe.

Wabup berharap agar revolusi 5P tidak hanya menjadi slogan bagi Pemkab Kupang namun diharapkan semua dinas terkait bisa bekerja sama agar bisa menghasilkan data kemiskinan yang ada di Kabupaten Kupang.

”Adanya rapat koordinasi dan rapat evaluasi ini maka saya mengajak semua agar bisa berkolaborasi dengan baik karena Bappeda tidak bisa bekerja sendiri tanpa data dari dinas-dinas terkait,” tandas Jerry Manafe.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait