Polres Kupang Manfaatkan Air Berlimpah di Belakang Mako untuk Tanam padi dan Budidaya Ikan

Lahan sawah di belakang Polres Kupang

Kupang-InfoNTT.com,- Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H. Manurung, SH.,S.I.K.,M.Si, bersama anggotanya memanfaatkan lahan kosong di belakang Mako Polres Kupang untuk ditanami padi Ciherang yang memiliki keunggulan dan kualitas tinggi.

Kapolres kepada media ini, Sabtu (13/2/2021) siang menjelaskan, pengelolaan lahan kosong seluas kurang lebih 2,1 hektare ini ditanami padi ciherang. Lahan sawah ini diolah sendiri oleh anggota yang tinggal di perumahan dinas Polres, dibantu warga sekitar dengan menggunakan salah satu alat bantu pertanian seperti traktor dalam pengelolaan lahan.

Selain ditanami bibit padi Ciheran, juga tanaman holtikultura. Polres Kupang pun masih memiliki program unggulan lain yaitu pembudidayaan ikan nila, mujair dan ikan gabus yang ditebar di ketiga kolam yang ada di lahan milik Polres.

“Semua program yang dilaksanakan oleh Polres Kupang bertujuan meningkatkan kesejahteraan Personil sejalan dengan program pimpinan Polri yaitu pemanfaatan lahan kosong milik Polri untuk lahan pertanian,” jelas Aldinan.

Selain itu, program ini juga untuk menambah kesejahteraan bagi Anggota dan Bhayangkari, hasil panen padi maupun ikan akan diberikan kepada masyarakat di sekitar guna membantu keperluan mereka, khususnya terkena dampak Covid-19.

Hal ini dimaksud agar, Polres Kupang juga memberikan edukasi dan motivasi masyarakat sekitar dalam pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif, misalnya penanaman sayuran.
Di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi dan juga cenderung mengalami peningkatan, pemerintah membatasi kegiatan masyarakat, dengan mengharuskan lebih banyak berada di rumah, memakaia masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas serta interaksi.

“Pemanfaatan dan pengelolaan lahan sekitar tempat tinggal, bisa menjadi satu solusi dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga, terlebih tahun ini air berlimpah dengan intensitas hujan yang tinggi. Mari kita manfaatkan sebaik baiknya,” ujar Kapolres.

Laporan: Humas Polres Kupang

Pos terkait