Maher Ora Berharap Pustu Oemofa Bisa Dinaikan Status Menjadi Puskesmas Rawat Jalan

Camat Amabi Oefeto Timur saat meninjau salah satu Pustu di Kacamatan Amabi Oefeto Timur.

Kupang-InfoNTT.com,- Dalam rangka untuk mendekatkan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat bidang kesehatan di Kecamatan Amabi Oefeto Timur, camat Maher Ora ingin agar Pustu Oemofa dinaikan status menjadi Puskesmas. Hal ini disampaikan Maher Ora kepada media ini, Rabu (10/2/2021) malam melalui WhatsApp.

Hal ini mulai dilakukan secara serius oleh Camat Maher Ora dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar jika disetujui akan segera ditindaklanjuti dengan mengajukan permohonan kepada bapak Bupati Kupang melalui Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang agar bisa segera dipertimbangkan.

Bacaan Lainnya

“Saya mau Pustu Oemofa menjadi Puskesmas rawat jalan untuk melayani masyarakat Desa Oemolo, Oenaunu, Oemofa, Seki, Muke dan sebagian masyarakat Desa Nunmafo (Sufa), yang jaraknya cukup jauh dari Puskesmas Oenuntono,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini perlu mendapat perhatian dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di masa-masa sulit saat ini, yang mana hampir semua RSUD maupun RS Swasta di Kota kupang penuh dengan pasien covid 19. RSUD Naibonat sendiri kapasitas untuk menampung pasien sangat terbatas, karena itu puskesmas rawat inap maupun rawat jalan perlu dipersiapkan untuk melayani pasien atau masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan medis di daerah terpencil.

Terkait lokasi, Maher Ora menyarankan agar bisa memakai gedung Pustu Oemofa, atau di lokasi h tanah milik Pemkab Kupang yang berada di Desa Enolanan, jaraknya 1 kilometer dari Kantor Camat Amabi Oefeto Timur.

“Untuk Puskesmas Oenuntono saat ini melayani masyarakat di 10 desa di Amabi Oefeto Timur, dengan jumah tenaga medis dan non medis sangat terbatas. Ditambah lagi dengan tidak tersedianya tenaga dokter,” ujar Maher.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait