Luar Biasa !!! Ketua Komisi I DPRD TTS Sidang Promosi Doktor di IAKN Kupang

Uksam Selan saat mengikuti sidang promosi doktor (16/8).

Kupang-InfoNTT.com,- Ketua komisi I DPRD kabupaten TTS, Uksam B. Selan akhirnya sidabg promosi doktor setelah sekian lama mengikuti tahapan demi tahapan. Sidang promosi Doktor ini dilaksanakan pada Senin (16/8/2021) siang di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang.

Uksam Selan mengikuti sidang promosi doktor setelah merampungkan disertasi dengan judul “Kontribusi Pendididkan Karakter Bagi Generasi Milenial di Kabupaten Timor Tengah Selatan”.

Bacaan Lainnya

Pantauan media ini, Politisi PKPI tersebut nampak senang sekali karena setelah lewati berbagai perjuangan yang tidak mudah, akhirnya bisa mengikuti ujian terbuka disertasi.

Ujian ini tercampur bahagia dan juga sedih lantaran dirinya baru saja kehilangan sosok ayah yang meninggal pada minggu kemarin, di mana pada ujian tertutup selesai, Uksam mendapat kabar ayahnya meninggal dunia.

Judul disertasi ini menurutnya, sebagai wujud deklarasi dan nilai-nilai moral serta etik generasi Milenial di TTS, yang mana menjadi salah satu persoalan serius pada perkembangan IT dan teknologi, budaya serta adat istiadat. Semuanya ikut turut serta mengambil bagian pada dunia pendidikan di TTS, artinya dapat mengurangi deklarasi karakter akibat perkembangan teknologi .

“Hasil penelitian saya perlu ada pendekatan etnis, budaya harus turut serta membimbing generasi Milenial untuk hidup secara layak. Karena itu saran kepada pemerintah daerah untuk penyerapan Kurikulum 13 yang mengharuskan untuk adanya jurusan muatan lokal di semua jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sudah harus diterapkan oleh pemerintah TTS,” ujarnya kepada media ini.

Dirinya bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang ikut serta mendukung proses studinya sejak tahun 2016 hinggah 2021, yang akhirnya mencapai gelar doktor.

”Ini karena dukungan dari orang tua saya, waulupun bapak sudah almarhum seminggu tapi saya persembahkan capaian ini untuk beliau. Terimakasih juga dukungan para saudara saya dan juga pimpinan serta teman-teman anggota DPRD TTS,” ungkapnya.

Uksam ingin keberhasilannya ini sebagai memotivasi bagi generasi muda TTTS, bahwa siapa pun, kapan pun dan di mana pun menemui kesulitan asal ada kemauan pasti akan meraih keberhasilan, contohnya dalam bidang pendidikan.

Sedangkan ketua DPRD TTS, Marcu Mbau yang juga hadir mendukung langsung ujian disertasi sahabatnya mengatakan, sebagai pimpinan DPRD dan mewakili seluruh anggota DPRD TTS, sangat mengapresiasi kedua anggota DPRD Uksam Selan dan Marten Tualaka, yang telah meraih gelar doktor.

”Tentu di lembaga DPRD TTS kedua teman kami yang sudah gelar doktoral pastinya akan ikut memberikan sebuah motivasi bagi kami di legislatif dan juga pemerintah daerah khususnya masyarakat TTS untuk mengutamakan pendidikan sebagai modal masa depan,” ujar Marcu.

Menurutnya, hasil penelitian atau disertasi kedua anggota DPRD ini pastinya ada fakta yang didalami dalam penelitian, dan hal tersebut membutuhkan proses, sehingga ini merupakan salah satu motivasi untuk anggota legislatif maupun eksekutif untuk merubah TTS kedepan melalui apa yabg sudah dikaji oleh kedua Anggota DPRD tersebut.

“Persoalan yang dikaji ini harus dilihat oleh pemerintah daerah dan DPRD, bahwa salahnya apa sehingga persoalan ini diangkat dalam disertasi. Hasil kajian kedua anggota DPRD yang meraih gelar doktor ini akan dipresentasikan kepada kami DPRD soal akibat kemiskinan di Kabupaten TTS,” tandasnya.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *